Sukses

Baim Wong dan 6 Artis yang Pernah Kesal Namanya Dicatut untuk Penipuan

Sudah cukup banyak artis-artis yang namanya terseret dalam kasus penipuan, termasuk juga Baim Wong.

Liputan6.com, Jakarta - Popularitas para selebriti di Tanah Air menuai dampak positif. Berkat nama besarnya, artis-artis seperti Baim Wong misalnya, digandeng sejumlah produsen untuk mempromosikan produk terbaru dengan bayaran yang telah disepakati.

Namun begitu, tak jarang nama sejumlah artis digunakan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan tanpa seizin mereka. Bahkan, ada yang sampai mencatut nama-nama artis papan atas untuk melakukan penipuan.

Sudah cukup banyak artis-artis yang namanya terseret dalam kasus penipuan, termasuk juga Baim Wong. Modus yang biasa dilakukan misalnya menjual barang-barang bermerek, namun akhirnya berujung pada berbagai macam hal yang merugikan para pembeli.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Libatkan Orang Terdekat

Selain itu, tak sedikit juga artis yang nama besarnya digunakan untuk meminjam uang hingga iming-iming hadiah dengan syarat mengirimkan uang dalam jumlah tertentu.

Bukan hanya calon konsumen secara umum atau para pengikut di media sosial, penipuan bahkan juga sampai berbuah korban dari pihak sahabat dan keluarga sejumlah artis yang namanya dicatut ini.

 

3 dari 10 halaman

Bikin Kesal dan Marah

Setelah mengetahui namanya dicatut, para artis ini pun tak tahan dan langsung meluapkan kekesalan hingga kemarahan mereka secara langsung atau lewat media sosial. Banyak juga yang memutuskan untuk melaporkannya kepada pihak yang berwajib.

Lantas siapa saja para artis yang namanya pernah dicatut untuk modus penipuan? Berikut deretannya, melansir dari berbagai sumber.

4 dari 10 halaman

1. Baim Wong

Dari sejumlah artis ternama di Tanah Air yang pernah dicatut untuk kasus penipuan, Baim Wong terbilang cukup banyak lantaran ia memang terlihat senang berbagi dengan para penggemar. Pada salah satu kasus, Baim Wong berhasil membuat pelaku diamankan oleh polisi.

"Setelah melalui Proses yang lumayan panjang, akhirnya mereka Tertangkap beserta alat bukti. Dengan memakai kedok nama saya, MEREKA sudah sangat meresahkan..Karena banyak dari mereka yang berhasil menipu, sedangkan saya blm bisa melakukan apa2," ujar Baim Wong di salah satu keterangannya.

5 dari 10 halaman

2. Inul Daratista

Nama penyanyi dangdut senior Inul Daratista juga pernah dicatut untuk modus meminjam uang. Inul pernah memperlihatkan di media sosialnya berupa tangkapan layar chat modus tersebut.

Di situ seorang pria yang dipanggil Mas Yo mengirimkan uang senilai Rp3,5 juta kepada si penipu. Bahkan, si penipu juga meminjam uang Rp7,2 juta. Setelah penipuan tersebut sampai ke telinga Inul, ia pun meluapkan kegeramannya.

"17 tahun menginjakkan kaki di Jakarta tak sekalipun aku minta-minta atau pinjam uang pada siapa pun! Logikanya masak bisnis saya di mana-mana eksis, rumah Pondok Indah, gak punya uang?? Sampe pinjem-pinjem, pinjemnya nanggung pula?? Na’uzubillahiminzalik yah!!! Hati-hati menggunakan nama saya!!" Inul Daratista menyampaikan melalui media sosial.

6 dari 10 halaman

3. Ivan Gunawan

Satu keluarga pernah tertipu sekitar Rp 40 juta lantaran mereka kena iming-imingi akan bertemu Ivan Gunawan. Setelah mengetahui kasus tersebut, Igun meminta kepada para penggemar agar lebih berhati-hati serta mengingatkan bahwa semua acara pasti selalu diumumkan melalui akun Instagram resmi @ivan_gunawan.

"Teruntuk semua followerku, sekali lagi harap berhati-hati terhadap banyaknya penipuan yang mengatas namakan Ivan Gunawan. Mohon untuk perhatian kalian untuk tidak dengan mudah percaya dengan kuis, sayembara atau iming-iming dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Semoga kalian Lebih bijak menggunakan sosial media. Semoga tidak ada lagi korban-korban Penipuan seperti ini," tulis Ivan Gunawan kala itu.

7 dari 10 halaman

4. Asty Ananta

Asty Ananta pernah memperlihatkan sebuah modus dari pelaku penipuan yang mencatut namanya. Sambil mengungkapkan kegeraman, Asty menyatakan sudah melaporkan si pelaku ke pihak yang berwajib.

"HATI-HATI PENIPUAN!!! Ada OKNUM yang menyalahgunakan nama dan foto saya. Beberapa orang yang mengenal saya sudah langsung menghubungi mohon kepada sahabat, rekan, saudara, siapapun itu, jangan sungkan.. MONGGO dan MOHON konfirmasi terlebih dahulu," Asty Ananta menyampaikan.

8 dari 10 halaman

5. Arie Untung

Arie Untung beberapa waktu lalu menceritakan kasus penipuan yang mencatut namanya. Melalui unggahan di Instagram, tampak si penipu menawarkan sejumlah barang kepada orang-orang terdekat sang presenter.

Selain barang, si penipu juga berpura-pura membeli ponsel lalu meminta pinjaman uang agar ia bisa melakukan transaksi via mobile banking.

"Ada oknum yang mengaku2 sebagai aku lalu mau menawarkan hal2 yg kalau temenku beneran tau kalau hal itu ga mungkin itu aku lakuin," ujar Arie di salah satu keterangan.

9 dari 10 halaman

6. Dewi Gita

Penyanyi Dewi Gita, pernah dicatut oleh pihak tak bertanggung jawab. Nama istri Armand Maulana ini digunakan untuk modus penipu yang mengaku sedang menjual tas mahal serta mobil lelang Kementerian.

"Assalamualaikum Wr Wb. Info buat teman-teman tersayang di sini, tolong kalau ada yang DM, WA, atau SMS mengatasnamakan saya, Dewi Gita dan pakai PP saya dengan dalih jualan tas-tas branded dan mobil katanya lelang dari Kementrian atau apalah," tulis Dewi Gita dalam keterangannya.

10 dari 10 halaman

7. Vega Darwanti

Nama presenter Vega Darwanti pernah dicatut oleh penipu yang sempat menghubungi kerabatnya. Vega pun hanya bisa menahan diri untuk bersabar setelah mengetahui hal itu. Namun ia berharap si penipu suatu saat bernasib buruk.

"Aku orang nya gak pernah Marah2 loh.. Krn sekali nya aku di Jahatin aku ngadu nya lgsg Ke ALLAH , biasanya cepet Tuh kena AZAB nya.. Aku post di Story aku bbrp Org Yg Di WA nih orang," Vega menyampaikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.