Sukses

Seniman Asal Bandung Tondi Hasibuan Gelar Pameran Tunggal di Roma

Seniman Tondi Hasibuan menggelar pameran tunggal di Roma, Italian dengan memunculkan kosmos warna yang monumental namun menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta Tondi Hasibuan, seorang perupa dari komunitas seni The Dorm asal Kota Bandung, Jawa Barat, menggelar pameran tunggal bertema ‘Sogno Notturno’ di Korlta Roma, Italia. Pameran ini akan berlangsung 2 – 8 November 2021.

Acara ini dibuka langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Italia, Esti Andayani dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Vatikan Amrih Jinangkung, pada Selasa, 2 November 2021, malam.

Ini menjadi suatu kehormatan bagi Tondi Hasibuan untuk menampilkan 20 karya dalam pameran yang digelar di Rossocinabro, Via Raffaele Cadorna 28, 00187 Roma, Italia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makna Pameran

Pameran yang bertema 'Sogno Notturmo' ini mengandung arti Sogno (mimpi) Notturno (malam). Kurator pameran, Cristina Madini, mengungkapkan bahwa Rossocibabro merasa bangga mengumumkan presentasi ekstensif pertama lukisan Tondi Hasibuan di Roma, Italia.

"Pameran tunggal oleh seniman Indonesia Tondi Hasibuan di galeri mengungkapkan sisi kubisme dari praktik artistik Tondi. Ansambel besar dari potongan-potongan yang lebih berbingkai menutupi dinding ruang pameran," ungkap Cristina Madini dalam siaran pers, Rabu, 3 November 2021.

"Akrilik di atas kanvas menghadirkan kesan hubungan pribadi Tondi dengan karyanya sebagai seniman dan gerakan avant garde dunia seni abad XX khususnya Tondi tertarik oleh Kubisme Picasso dan Fauvisme Matisse," ia menambahkan.

 

3 dari 4 halaman

Warna yang Kuat

Menurut Cristina, Tondi memiliki warna-warna yang kuat dan kuas yang kuat, ciri khas lukisan Matisse. Guratan motif yang akrab dari karya Tondi muncul dalam kosmos warna yang monumental namun menyenangkan, yakni bunga, daun, lingkaran, garis lurus dan kubus, serta lukisan garis abstrak seperti pelangi, hewan, dan singa.

Minat utama Tondi untuk melibatkan penonton dalam karya seni, menjadi jelas dalam 'studi kepala' berukuran hampir hidup. Pandangan sampingnya tampak seperti bayangan cermin dari patung-patung klasik. Relasi dan inspirasi lukisan Picasso pada periode Kubisme terlihat jelas.

Banyak karya akrilik menghubungkan Tondi dengan klasisisme patung Italia dan Yunani. Humor halus yang mendasarinya mengisyaratkan gaya hidup kontemporer dan pemahaman seni.

 

4 dari 4 halaman

Mengenal Tondi Hasibuan

Tondi Hasibuan tinggal dan bekerja di Sumatera. Tondi adalah seorang pelukis yang dibesarkan di Kerajaan Huristak, Padang Lawas, Sumatera Utara. Tondi Utama Hasibuan lahir pada 10 September 1977.

Selain melukis, ia juga memiliki hobi fotografi dan menggemari melukis sejak kecil dan mengenyam pendidikan seni rupa. Ia lulus sebagai Bachelor of Art dan Master of Art di Birmingham City University, Inggris Raya, pada 1999-2004.

Selain melukis, Tondi saat ini juga menjadi dosen di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Dia telah menjadi bagian dari berbagai pameran kelompok di Italia dan di seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini