Sukses

Rayakan Hari Sumpah Pemuda, Berikut Lirik Lagu Nasional Bangun Pemudi Pemuda Indonesia

Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, nyanyikan lagu Nasional Bangun Pemudi Pemuda Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Sumpah Pemuda menjadi satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Sejarah mencatat, Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan pada 27 hingga 28 Oktober 1928 di Batavia yang kini menjadi Jakarta. Keputusan ini menggapai cita-cita akan "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia".

Dihimpun dari berbagai sumber di Liputan6.com, Kamis (28/10/2021), Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, acara Bedah Musik Kebangsaan yang digelar pada 13 Oktober 2021 lalu, membedah salah satu lagu nasional yang berjudul "Bangun Pemudi Pemuda Indonesia". Di acara tersebut, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia naik ke atas panggung untuk membedah makna penciptaan lagu tersebut.

"Lagu yang diciptakan oleh Alfred Simanjuntak itu dibuat pada 1943. Penggunaan kata Indonesia pada lagu ini merupakan bagian dari resonansi semangat kebangsaan Sumpah Pemuda 1928," kata Ahmad Doli Kurnia. Oleh karena itu, mari rayakan Hari Sumpah Pemuda dengan menyanyikan lagu nasional Bangun Pemudi Pemuda Indonesia, berikut lirik lagunya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lirik Lagu Bangun Pemudi Pemuda Indonesia

Bangun pemudi pemuda Indonesia

Tangan bajumu singsingkan untuk negara

 

Masa yang akan datang kewajibanmu lah

Menjadi tanggunganmu terhadap nusa

Menjadi tanggunganmu terhadap nusa

 

Sudi tetap berusaha jujur dan ikhlas

Tak usah banyak bicara trus kerja keras

Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih

 

Bertingkah laku halus hai putra negri

Bertingkah laku halus hai putra negri

 

Penulis: Vania Dinda Marella

3 dari 3 halaman

Infografis Geger Video Parodi Lagu Indonesia Raya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.