Sukses

Marshanda Minta Quiet Time Akibat Gangguan Bipolar, Reaksi Sang Anak Mengharukan

Marshanda mengaku belum menemukan cara yang tepat untuk menjelaskan gangguan bipolar yang diidapnya kepada sang buah hati.

Liputan6.com, Jakarta Marshanda buka kartu soal perjuangan menghadapi bipolar. Bintang sinetron Orang Ketiga mengaku belum punya formula yang tepat untuk menyampaikan soal bipolar kepada anak.

Seperti diketahui, April 2011, Marshanda pernah nikah dengan Ben Kasyafani dan dikaruniai seorang putri bernama Sienna Ameerah Kasyafani. Keduanya lantas bercerai pada 2014.

Sienna kini berusia delapan tahun. Masih terlalu muda baginya untuk memahami gangguan kesehatan mental yang diidap ibunya. Namun, pelan-pelan Marshanda mengenalkan ini ke anak.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Belum Bisa

“Nah, itu aku belum bisa mengomunikasikan secara detail, karena dia bingung nanti ya. Karena dia masih delapan tahun. Mungkin kita menunggu beberapa tahun lagi sampai benar-benar bisa menjelaskan (bipolar) itu apa,” kata Marshanda.

Namun, ikatan batin ibu dan anak di atas segalanya. Ikatan itu membuat Sienna mengerti bahwa kadang, ibunya tampak bingung dan butuh jeda sejenak untuk menenangkan pikiran yang berkecamuk.

3 dari 5 halaman

Bagaimana Mengatur Diri

“Tapi dia melihat, kan kalau misalnya sama aku aku tuh seperti apa. Bagaimana aku me-manage diriku. Kadang-kadang kalau aku lagi merasa overwhelm atau irritated, aku bilang ke dia,” imbuhnya.

Ini disampaikan Marshanda saat berbincang di kanal YouTube Maia Al El Dul TV, Selasa (26/10/2021). Pelantun “Pasangan Yang Tepat” tak malu untuk minta jeda saat berinteraksi dengan si kecil.

 

4 dari 5 halaman

Quiet Time

“(Aku bilang) Nena, ibu mau quiet time dulu, ya. Kita di mobil, Nena sama ibu tapi enggak mengobrol. Jadi aku mencontohkan ke dia, bahwa oh orang tuh kalau lagi enggak nyaman bisa ya quiet time untuk mengatur ketidaknyamanannya,” Marshanda membeberkan.

Lewat momen ini, bintang film Petualangan 100 Jam memberi tahu anak bahwa sah-sah saja minta jeda kepada orang terdekat untuk menenangkan pikiran untuk kemudian berinteraksi lagi. 

5 dari 5 halaman

Yang Disyukuri Marshanda

Yang disyukuri Marshanda, Sienna mengerti. Keduanya diam sejenak hingga Marshanda beroleh ketenangan. Sienna pun paham, diam sejenak efektif meredam emosi yang bergolak. Marshanda lantas membagikan momen yang membuatnya terharu.

“Malah dia (pernah bilang) begini: Ibu, tadi aku lagi main raw-blocks masa ada orang marah-marah sama aku, tiba-tiba di-chat: She is so rude. Apa jangan-jangan dia belum menggunakan waktu untuk quiet time ya hari ini?” ujarnya, semringah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.