Sukses

Musikus Oddie Agam Meninggal Dunia

Pada awal bulan ini, Oddie Agam sempat dirawat di ICU dalam kondisi kritis di rumah sakit.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari salah satu legenda musik Tanah Air, Oddie Agam. Ia diketahui telah meninggal dunia pada hari ini, Rabu (27/10/2021) setelah sempat dirawat di ICU RS Persahabatan, Jakarta. 

Kabar ini diketahui dari unggahan pengamat musik Stanley Tulung di Instagram-nya.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun. Selamat jalan Bang Oddie Agam yg berpulang 27 Oktober 2021 jam 11.00.Semoga tenang disana," tulis Stanley Tulung.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sempat Kritis

Pada awal bulan ini Oddie Agam sempat dirawat di ICU dalam kondisi kritis di rumah sakit. Kala itu, diketahui kondisi ginjal pencipta lagu "Surat Cinta" yang dibawakan oleh Vina Panduwinata memburuk.

Istri Oddie Agam, Almafilia menceritakan kondisi sang musikus sebelum masuk rumah sakit. 

3 dari 5 halaman

Tersedak

“Tanggal 5 kemarin, Selasa malam, habis makan tersedak. Kalau stroke kan emang sering tersedak. Tapi, biasanya kami diemin sebentar, biar dia sehat terus makan lagi," ujar Almafilia saat ditemui di Rumah Sakit Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur, 18 Oktober lalu. 

Penyanyi berusia 68 tahun ini diketahui sudah menderita stroke sejak tahun 2017.

4 dari 5 halaman

Batuk-Batuk dan Sesak Napas

Namun seteah kejadian ini, kondisi Oddie Agam tak kunjung membaik.

“Tapi, saat itu abis tersedak dia batuk terus. Batuk-batuk sampai lendirnya tuh banyak nggak bisa keluar. Ya sudah saya bawa ke UGD," lanjutnya.

Gangguan yang dirasakan Odie bertambah dengan sesak napas. “Tapi masih sesak, lemas. Hasil tesnya, lendirnya tinggi. Jadi yang masalah itu ternyata ginjalnya," ucapnya.

Karena ginjalnya juga bermasalah, tindakan cuci darah pun dijalani Oddie Agam.

5 dari 5 halaman

Penyanyi dan Penulis Lagu

Nama Oddie Agam sangat populer pada era 1980 hingga awal 1990-an lantaran lagu yang diciptakannya banyak disukai masyarakat. Salah satunya, "Antara Anyer dan Jakarta" yang populer di tangan Sheila Majid.

 Sejumlah lagu ciptaan Oddie yang dinyanyikan Vina Panduwinata menjadi hit pada masanya, di antaranya “Logika”, “Tamu Istimewa” dan “Bahasa Cinta”. Termasuk lagu “Surat Cinta” pernah didaur ulang oleh duo T2 hingga Jessica Iskandar.

Selain sebagai pencipta lagu, Oddie juga dikenal sebagai penyanyi. Ia pernah merilis sejumlah album, beberapa di antaranya Bellina (1984), Gadis Sentimentil (1986), dan self-titled album Oddie Agam pada 1990.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.