Sukses

Begini Kondisi Tukul Arwana Selama Menjalani Perawatan di Rumah

Selama dirawat di rumah, Tukul Arwana berada dalam pengawasan beberapa perawat yang siap memantau kondisinya selama 24 jam penuh.

Liputan6.com, Jakarta Kondisi Tukul Arwana berangsur-angsur membaik. Setelah diizinkan pulang usai menjalani perawatan secara intensif selama beberapa oekan di rumah sakit, Tukul Arwana mulai menunjukkan beberapa perkembangan yang sangat baik.

Selama dirawat di rumah, Tukul Arwana selalu di bawah pengawasan beberapa perawat yang siap memantau kondisinya selama 24 jam penuh. Rizky Kimon, selaku manajer Tukul Arwana kemudian mengungkapkan beberapa perkembangan yang ia terima dari perawat-perawat Tukul Arwana.

"Perawat yang menjaga mas Tukul memberikan update, progres-nya sangat baik. Pertama dari respons, sangat baik," kata Rizky Kimon dilansir dari tayangan YouTube di kanal Star Story yang diunggah pada Senin (25/10/2021).

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menoleh

Tukul Arwana mulai bisa menoleh ke sumber suara, seperti pintu yang terbuka misalnya. Ini jelas meningkat dari kondisi sebelumnya.

"Kalau kemarin-kemarin belum ada respons, sekarang misalkan kalau kita buka pintu, dia (Tukul) udah nengok, mungkin mikir 'ini siapa?' gitu. Kalau kemarin-kemarin masih sedikit cuek," beber Rizky Kimon lagi.

 

3 dari 5 halaman

Belajar Berdiri

Selain itu, Rizky Kimon juga mengungkapkan bahwa Tukul Arwana mulai ada keinginan untuk kembali belajar berdiri dan berjalan. Sang manajer menyebut bahwa Tukul sangat bersemangat untuk bisa sembuh.

"Yang kedua, progres yang baik itu waktu fisioterapi, kemarin kan kita benar-benar menopang beliau, untuk berdiri dan belajar berjalan. Tapi untuk saat ini beliau benar-benar punya semangat dan keberanian untuk memberikan tenaganya untuk beliau berusaha berdiri. Alhamdulillah semangat beliau untuk sembuh luar biasa sih," sambungnya.

 

4 dari 5 halaman

Mengunyah

Satu lagi, perkembangan juga ditunjukkan oleh Tukul Arwana dalam hal mengunyah. Meski belum bisa mendapat asupan makanan secara langsung, namun saat ini Tukul Arwana perlahan mulai bisa mengunyah.

"Satu lagi, progres yang baik berikutnya adalah beliau sudah bisa mengunyah. Jadi kemarin-kemarin kan masih susah untuk mengunyah, masih pakai selang NGT yang dari hidung. Tapi progres sekarang beliau sudah bisa mengunyah," jelas Rizky Kimon.

 

5 dari 5 halaman

Sakit

Seperti diketahui, presenter kawakan Tukul Arwana beberapa waktu lalu sempat mengalami pendarahan otak. Tukul Arwana kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) untuk menjalani perawatan intensif.

Tukul Arwana juga sempat menjalani operasi yang berjalan sukses. Usai operasi, hasil signifikan terlihat jelas dari komedian bernama asli Tukul Riyanto itu sehingga sudah diperbolehkan pulang ke rumah pada pertengahan Oktober lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.