Sukses

Review Film Petualangan Ruang Angkasa Zathura: A Space Adventure

Benarkah film Zathura membuat banyak penonton berpikir seperti menyaksikan film Jumanji? Simak reviewnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Film Zathura: A Space Adventure yang rilis pada November 2005 lalu masih menarik minat penonton dengan alur cerita mengenai petualangan fiksi. Film yang disutradarai oleh Jon Faverau, merupakan adaptasi dari buku dengan judul Zathura yang diilustrasikan oleh Chris Van Allsburg, yang juga sebagai penulis film Jumanji.

Dilansir dari IMDb, Kamis (21/10/2021), Film ini bercerita tentang dua anak laki-laki yang memulai petualangannya di ruang angkasa. Kemudian keduanya ditarik oleh permainan papan ajaib yang mereka mainkan di rumahnya.

Pemeran utama dalam film ini adalah Jonah Bobo sebagai Danny dan Josh Hutcherson sebagai Walter. Selain itu, ada juga Kristen Stewart yang berperan sebagai kakak perempuan dan Tim Robbins yang memiliki peran sebagai ayah dari kedua anak laki-laki itu.

Film yang dibuat di Los Angeles dan Culver City, California ini sukses meskipun biaya produksinya jauh melebihi keuntungan yang dikumpulkan. Sesukses itukah Zathura: A Space Adventure? Berikut review filmnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mirip dengan Film Jumanji

Dua film yang ditulis sebelumnya oleh Chris Van Allsburg, yaitu Jumanji: Welcome to the Jungle dan Jumanji: The Next Level terbukti sukses dengan total pendapatan yang sangat fantastis. Hal ini membuat banyak penonton yang berharap Chris dapat membuat film dengan tema yang serupa, sehingga ia membuat film Zathura: A Space Adventure.

Ia berharap film Zathura ini bisa mendapatkan treatment yang sama dengan Jumanji. Oleh karena itulah permainan papan ajaib yang dimainkan oleh Jonah Bobo dan Josh Hutcherson, mengingatkan pada film klasik ikonik, Jumanji, yang dirilis pada 1995 lalu. Jadi, jika Anda menyukai salah satunya, kemungkinan besar Anda akan menikmati yang lainnya.

3 dari 6 halaman

Visual Film Zathura: A Space Adventure

Aspek sinematografi dan efek visual dalam film ini sangat memukau, khususnya untuk di tahun 2005. Begitu banyak CGI yang digunakan, sehingga pengambilan gambarnya terlihat nyata.

Dengan penggunaan Computer Generated Imagery (CGI) dan stunts memang membuat film terlihat lebih menarik. Di awal film ini menceritakan masalah dua anak kecil, sehingga akan menjadi kurang menarik bagi orang dewasa. Namun, film ini tetap layak untuk ditonton bersama dengan anak-anak sebagai film keluarga.

4 dari 6 halaman

Membuat Mood Penonton Naik Turun

Cerita yang sangat imajinatif ini membuat perasaan penonton naik turun karena banyaknya adegan yang berubah begitu cepat. Seperti merasakan kesenangan, ketakutan, dan kepedihan, terdapat juga suara robot Frank Oz yang sangat menyenangkan.

Selain itu, akting Jonah Boo dan Josh Hutcherson berhasil menjadi partner yang hebat dan astronot Dax Sheppard dengan momen yang mengharukan, yaitu pengungkapan identitas aslinya di film tersebut.

5 dari 6 halaman

Pelajaran yang Dapat Dipetik Dari Film Zathura: A Space Adventure

Sedikit mirip dengan film The Wizard Of Oz, Zathura adalah film anak-anak yang sangat imajinatif dan bisa dinikmati oleh orang dewasa juga.

Namun, ada satu hal penting yang menjadi pesan dalam film tersebut, yakni pelajaran moral yang bagus tentang keluarga dan menghargai hubungan dengan seseorang.

Dengan peran Josh Hutcherson dan Jonah Bobo, sebagai saudara dengan selisih usia satu tahun yang selalu bertengkar, membuat banyak perbedaan dalam pandangan dan seberapa cepat seseorang tumbuh dewasa.

Lantas, bagimana dengan Anda yang telah menonton film Zathura: A Space Adventure ini?

Pemain: Josh Hutcherson, Jonah Bobo, Dax Shepard, Kristen Stewart, Tim Robbins

Produser: Michael De Luca, Scott Kroopf, William Teitler, Peter Billingsley

Sutradara: Jon Favreau

Penulis: David Koepp, John Kamps

Produksi: Columbia Pictures, Radar Pictures, Teitler Film

Durasi: 1 jam, 41 menit

 

Penulis: Vania Dinda Marella

6 dari 6 halaman

Infografis Perfilman Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.