Sukses

Konser Daring Sukses, Jonathan Kuo & Friends Siap Kembali dengan Karya Komponis Jerman

Jonathan Kuo & Friends kembali menyiapkan konser daring virtuosic bertema In Leipzig.

Liputan6.com, Jakarta - Jonathan Kuo telah sukses menggelar dua konser daring yang masing-masing berjudul "The Russians Connections" dan The Great Three "B". Salah satu pianis kebanggaan Indonesia itu menunjukan karya-karya kolosal dari komponis besar dunia.

Jonathan akan tampil kembali dalam program virtuosik dengan membawakan karya komponis yang pernah tinggal dan berkarir di Leipzig, Jerman. Mereka adalah dua komponis di paruh awal abad 19, yakni Robert Schumann (Symphonic Etudes, Op. 13) dan Felix Mendelssohn (Trio for Piano, Violin & Cello, Op 49).

”Keduanya adalah komposer Jerman yang terkenal. Alasan lain mengapa saya memilih keduanya adalah meski tinggal di daerah yang sama, mereka menunjukkan karakter yang berbeda,” Jonathan menjelaskan kepada wartawan soal panggung yang sedang disiapkannya, baru-baru ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tampil Bersama Dua Rekan

Dari tema itu, Jonathan mengangkat "In Leipzig" sebagai penampilan ketiganya pada tahun 2021. Penampilan pria yang akrab disapa Jo ini bisa disaksikan melalui kanal Youtube Jakarta Sinfonietta, Jumat 1 Oktober pukul 20.00 WIB (premiere).

Berbeda dengan penampilan sebelumnya, Jonathan akan tampil bersama dua rekannya dari Bandung dan juga anggota Jakarta Sinfonietta. Mereka adalah Ahmad Ramadhan (pemain biola) dan Dani K Ramadhan (pemain cello).

”Dua teman saya ini memang musisi yang luar biasa dan berdomisili di Bandung. Sehingga mudah melakukan kolaborasi. Kami sudah sering berkolaborasi bersama,” Jonathan menjelaskan.

 

3 dari 5 halaman

Penuh Tantangan

Dibawah bimbingan Iswargia R Sudarno dari Konservatorium Musik Jakarta, Jonathan mulai berlatih sejak dua bulan lalu. Menurut Jonathan, karya yang dibawakannya nanti akan penuh dengan tantangan dan termasuk karya yang sulit.

”Karya Felix Mendelssohn dan Robert Schumann sangat jarang dimainkan di Indonesia. Jadi jangan terlewatkan untuk menyaksikan karya-karya mereka yang akan saya mainkan nanti,” Jonathan mengatakan.

 

4 dari 5 halaman

Cinta Karya Komponis Besar

Selama mendampingi Jonathan berlatih, Iswargia menjelaskan bahwa anak didiknya itu sangat mencintai karya komponis besar.

”Salah satu komponis favorit Jonathan adalah Robert Schumann yang dulu pernah tinggal di Leipzig,” Iswargia menjelaskan.

”Leipzig merupakan kota penting dalam perkembangan musik di awal Abad 19 di samping Wina, Paris, dan London. Mendelssohn yang banyak berkarir di sana merupakan tokoh penting dalam perkembangan musik di kota itu,” ia menambahkan.

 

5 dari 5 halaman

Berbeda dari Sebelumnya

Pada saat tampil nanti, Jonathan & Friends akan menyuguhkan karya-karya apik sekitar 90 menit.

”Program utama yang berbeda dengan konser sebelumnya adalah dalam konser ini ada karya musik kamar, yaitu Piano Trio No 1 karya Mendelssohn,” Iswargia menyampaikan.

Konsistensi Jonathan dalam mempelajari dan mengenalkan karya-karya komponis besar ini pun menjadi kebanggaan tersendiri untuk Iswargia. 

”Saya sebagai guru untuk memperkenalkan lebih jauh lagi komponis ternama lain yang memberi pengaruh terhadap perkembangan musik Barat, agar wawasan, pengetahuan, serta inspirasi Jonathan pun semakin luas dan terbuka,” Iswargia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini