Sukses

Mirip Squid Game, 5 Film dan Serial Ini Tak Kalah Menegangkan

Serial Squid Game yang sempat menjadi trending di sejumlah negara, memiliki pendahulu yang tak kalah seru.

Liputan6.com, Jakarta - Squid Game kini tengah menjadi sorotan para pecinta drama Korea alias drakor lantaran konsepnya yang dibuat sedemikian rupa menegangkan. Sampai-sampai, serial ini sempat menjadi trending di sejumlah negara.

Dalam serial besutan Netflix ini, sejumlah orang yang terlilit utang dan sudah tak memiliki untuk tujuan melanjutkan hidup, diiming-imingi uang dalam jumlah banyak dengan syarat ikut bergabung dalam sebuah permainan.

Celakanya, permainan yang mereka ikuti sama dengan bertaruh nyawa. Dalam kisahnya, sejumlah peserta mampu bertahan termasuk karakter utamanya, Seong Gi-hun yang diperankan Lee Jung-jae.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Serial dan Film yang Mirip

Menariknya, bagi para pecinta film dan drama, tentu akan menemukan kemiripan konsep serial ini dengan judul-judul lain yang menjadi pendahulunya.

Terdapat film atau serial dari berbagai negara yang mirip dengan Squid Game, terutama dalam hal konsep dan ketegangannya. Apa saja itu?

3 dari 7 halaman

1. Battle Royale

Battle Royale merupakan film karya sineas Jepang yang disutradarai Kinji Fukasaku dengan Tatsuya Fujiwara sebagai bintangnya.

Film ini berkisah tentang pemerintah Jepang yang mengumpulkan anak-anak remaja berandal dan sulit diatur oleh sekolah maupun orangtuanya untuk diadu di arena maut yang mengharuskan mereka saling membunuh.

Sutradara sekaligus penulis Squid Game, Hwang Dong-hyuk, mengakui Battle Royale sebagai salah satu inspirasi serial tersebut.

4 dari 7 halaman

2. The Hunger Games

The Hunger Games, novel laris karya Suzanne Collins yang sudah diadaptasi ke dalam empat film besutan sineas Hollywood, juga memiliki konsep yang sama.

Seperti terlihat dalam film yang dibintangi Jennifer Lawrence, kisah The Hunger Games bertempat di dunia fiksi Amerika bernama Capitol ketika pemerintahannya menyelenggarakan permainan maut setiap tahun yang melibatkan anak-anak usia 12-18 tahun dari 12 distrik yang ada.

5 dari 7 halaman

3. Escape Room

Mengusung genre thriller, Escape Room menceritakan enam orang tak saling kenal yang dikumpilkan di sebuah ruangan setelah mereka menerima undangan berupa sebuah kotak puzzle.

Namun untuk keluar dari ruangan tersebut mereka harus melalui ruangan-ruangan lain yang penuh dengan teka-teki. Bila gagal dan melebihi waktu yang ditentukan, mereka harus bersiap kehilangan nyawa. Mereka yang lolos pun mendapat uang dalam jumlah besar.

Film karya sineas Hollywood ini bakal memiliki film kedua yang rencananya siap dirilis tahun ini.

 

6 dari 7 halaman

4. As The Gods Will

Film As The Gods Will besutan sineas Jepang Takashi Miike yang rilis pada 2014 lalu, kembali diperbincangkan setelah beberapa penggemarnya menyebut Squid Game sebagai plagiat film tersebut.

Diadaptasi dari manga karya Muneyuki Kaneshiro dan Akeji Fujimura, As The Gods Will berkisah tentang sejumlah murid di satu sekolah yang dipaksa mengikuti permainan tak lazim. Mereka harus mengikuti petunjuk boneka daruma di dalam kelas.

Tantangan episode pertama serial Squid Game disebut mirip dengan permainan pertama dalam film As The Gods Will. Bedanya, di film As The Gods Will, para pesertanya adalah remaja seperti halnya film Battle Royale.

7 dari 7 halaman

5. Alice in Borderland

Alice in Borderland merupakan serial garapan sineas Jepang yang dirilis melalui platform Netflix. Kisah dalam serial berjumlah 8 episode ini mengisahkan tiga orang sahabat yang tiba-tiba saja terjebak dalam kota Tokyo dengan kondisi sangat sepi.

Ketiga pemuda ini rupanya terjebak dalam permainan bertahan hidup yang dihiasi oleh banyak unsur teka-teki. Pengemasan serial ini juga cukup menarik dan seru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.