Sukses

Konser Musik dan Acara Berskala Besar Dapat Izin Pemerintah untuk Segera Digelar

Kebijakan tersebut dihadirkan untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional, khususnya di sektor pariwisata.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 di Indonesia disebut mulai membaik. Fakta tersebut kian mempermudah keinginan pelaku seni, khususnya industri musik, untuk kembali beraktivitas melalui panggung konser hingga pagelaran festival musik tahunan.

Pemerintah diketahui sudah memberi izin untuk menggelar konser dan acara berskala besar seiring dengan membaiknya situasi pandemi di Tanah Air. Meski diberi izin, kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa dengan jumlah banyak tetap diwajibkan mengikuti sejumlah pedoman yang ditetapkan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, mengatakan, mempertimbangkan untuk mewadahi aktivitas masyarakat agar tetap produktif namun aman dari Covid-19. Salah satunya, dengan memberi izin penyelenggaraan perhelatan berskala besar.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Memberi Izin

"Pemerintah kini dapat memberikan izin untuk mengadakan perhelatan dan pertemuan berskala besar yang melibatkan banyak orang. Asalkan mematuhi pedoman penyelenggaraan yang telah ditetapkan," ujar Johnny dalam keterangannya yang diterima Liputan6.com, Sabtu (25/9/2021).

3 dari 5 halaman

Percepatan Pemulihan Ekonomi

Kebijakan tersebut dihadirkan untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional, khususnya di sektor pariwisata. Diharapkan dengan pemulihan ini dapat menjadi mesin penggerak kegiatan ekonomi dan memberikan dampak turunan positif kepada sektor lain.

4 dari 5 halaman

Konser Musik Hingga Kompetisi Sepak Bola

Ada pun kegiatan berskala besar yang dimaksud adalah kegiatan yang melibatkan partisipan atau undangan dalam jumlah besar dan dari berbagai tempat.

Contohnya, konferensi, pameran dagang, acara olahraga, festival konser, pesta maupun acara pernikahan besar. Kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2, serta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada tahun ini menjadi contoh kegiatan berskala besar yang sedang dijalankan.

"Tentu saja penyelenggaraan kedua acara besar tersebut telah melalui diskusi berbagai pihak guna menekan risiko penularan virus," ujar Menteri Johnny.

5 dari 5 halaman

PON XX Papua

Mengutip pernyataan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, Menkominfo menjelaskan bahwa implementasi protokol kesehatan secara disiplin dan konsisten dengan semangat gotong royong serta saling melindungi merupakan kunci agar PON XX Papua dapat berjalan aman, sehat, dan bebas penularan Covid-19.

Satgas Covid-19 juga telah menyusun Buku Rekomendasi Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan Covid-19 dalam penyelenggaraan PON XX Papua. "Pedoman dan praktik yang berjalan baik dalam penyelenggaraan PON XX, akan dapat menjadi pengalaman berharga bagi Indonesia untuk mengadakan kegiatan berskala besar di masa pandemi," ujar Johnny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.