Sukses

Saura, Album Perdana dari Manjakani Duo Folk Asal Pontianak

Manjakani, duo folk yang berisikan pasangan suami istri, Muhammad Taufan Eka Prasetya dan Nabilla Syafani, baru saja merilis album penuh perdananya yang bertajuk Saura.

Liputan6.com, Jakarta - Geliat aksi musik di luar Pulau Jawa selama pandemi ini ternyata masih begitu besar. Terbukti dengan banyaknya rilisan lokal di ranah digital.

Seperti yang terjadi di Kalimantan misalnya, di satu masa identik dengan bebunyian "pop melayu" sebagai imbas dari grup-grup musik yang dihasilkan, sebut saja Radja atau Arwana. Namun saat ini bisa dibilang sudah lain cerita.

Selera musik di tanah Kalimantan kini diasosiasikan dengan Rock In Borneo atau aksi berkualitas seperti duo folk asal Pontianak, Manjakani. Duo yang berisikan pasangan suami istri, Muhammad Taufan Eka Prasetya dan Nabilla Syafani, baru saja merilis album penuh perdananya yang bertajuk Saura melalui demajors, sebuah label rekaman yang berbasis di Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dinamis

“Kancah musik di Kalimantan kini semakin dinamis, karya-karya hasilnya pun semakin variatif. Di kota Pontianak geraknya begitu seru, dari mulai komposer Nursalim Yadi Anugerah hingga tentunya Manjakani. Karya-karyanya berkelas dan menantang,” ujar David Tarigan dari divisi A&R demajors, melalui keterangan resmi yang diterima Liputan6.com baru-baru ini.

“Kami senang sekali bisa bekerja sama dengan Manjakani, semoga lebih banyak lagi aksi musik dari luar Pulau Jawa yang bisa naik ke permukaan,” tambahnya.

3 dari 4 halaman

Saura

Album Saura berisikan tujuh komposisi bernuansa folk yang teduh, dengan lagu-lagu andalan seperti “Asam Pedas”, “Sabda Rindu”, serta singel terakhir “Tali Jiwa”. Umumnya berangkat dari perjalanan hidup Taufan dan Nabilla sejak pertama kali bertemu hingga mengarungi kehidupan sebagai sebuah keluarga yang lengkap.

“Judul album ini diinspirasi oleh kehadiran anak kami, Saura Ajar. Album Saura juga merupakan sebuah representasi dari kelahiran, buah dari perjalanan dan ketulusan bermusik kami sejak awal,” ucap Taufan menerangkan.

“Tentang hakikat kehidupan, dan berbagai hal sederhana yang mendampinginya,” jelasnya lagi.

4 dari 4 halaman

Proses Kreatif

Untuk urusan produksi rekaman, Manjakani bekerja sama dengan seorang produser sekota yang cukup aktif di dunia perfilman yaitu McAnderson. Hadir pula kontribusi teman-teman sejawat penggerak kancah musik kota Pontianak, seperti Nursalim Yadi Anugerah, Angga Khasbullah, Fian Williem Hoogendyk, Ardy Prastiawan, dan Cendry Tri Juniar.

Artwork untuk album pun hasil kolaborasi dengan seniman kolase asal kota Singkawang, Elys ‘Ulyzm’. Manjakani sempat melakukan tur pertunjukan di pulau Sumatera pada tahun 2019 yang lalu.

Kini, setelah sekian lama terhambat pandemi, mereka akan kembali bertandang ke luar pulau untuk memenuhi undangan sebagai salah satu penampil di Prambanan Jazz Festival 2021. Album Saura dari Manjakani sudah tersedia dalam bentuk rilisan compact disc dan secara digital di semua platform digital streaming.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.