Sukses

Mengenang John Wayne, Aktor Hollywood yang Namanya Jadi Ikon di Amerika

Lahir pada 26 Mei 1907 di Winterset, Iowa, John Wayne memiliki julukan Duke dengan nama lahir Marion Michael Marrison.

Liputan6.com, Jakarta - Pada tanggal 26 Mei, para penggemar memperingati hari ulang tahun salah satu ikon Amerika yang paling populer, John Wayne. Sosoknya selalu dikenang, terutama untuk perannya dalam sejumlah film barat yang mengharumkan namanya.

Sebagai seorang aktor, John Wayne mampu mewakili citra seorang koboi atau tentara yang kuat dan berkarakter dan dalam banyak hal mempersonifikasikan cita-cita Amerika saat itu.

John Wayne sendiri lahir pada 26 Mei 1907 di Winterset, Iowa. Ia memiliki julukan Duke dengan nama lahir Marion Michael Marrison. Masa kecil John Wayne dihabiskan dengan keprihatinan karena kemiskinan yang dihadapi keluarganya.

Ayah John Wayne adalah seorang veteran Perang Saudara Amerika dan ibunya, Mary Alberta Brown, adalah keturunan Irlandia. Keluarga tersebut kemudian pindah ke daerah Glendale, California pada tahun 1991.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Membantu Perekonomian Keluarga

Ketika masih remaja, John Wayne harus membantu perekonomian keluarga. Dia mengumpulkan uang dengan melakukan beberapa pekerjaan, seperti bekerja di toko es krim yang bertempat di studio Hollywood lokal.

Namun, John Wayne muda juga sangat aktif di berbagai organisasi. Salah satunya adalah anggota aktif dari DeMolay Order.

Meski dihadapkan pada kemiskinan, hal itu tidak menyurutkan semangat seorang John Wayne karena pria tersebut tumbuh dengan baik dan menjadi murid populer yang sangat pintar.

Terbukti dengan dirinya menjadi salah satu pemain American football di Glendale High. Kemudian, setelah lulus, ia diterima di University of Southern California.

 

3 dari 6 halaman

Memberikan Kesan

Kehadiran John Wayne di bidang perfilman membuat kesan di hati para penontonnya, terutama saat ia memerankan seorang koboi atau tentara. Kepiawaiannya dalam memainkan peran benar-benar menyentuh hati masyarakat.

Maka tak heran jika sosoknya begitu digandrungi pecinta film. John Wayne juga telah meraih banyak prestasi yang menjadi bukti bahwa ia sangat berprestasi dan profesional di bidang akting.

Seperti yang kita ketahui, John Wayne telah berakting di banyak film sebelum kematiannya di usia 72 tahun. Tercatat ada sekitar 142 film yang John Wayne mainkan semasa hidupnya dan hampir semua film yang diputar sangat berkesan di hati masyarakat.

Kariernya sebagai aktor tidak mudah. John Wayne memulai karirnya ketika ia tumbuh dewasa, dimulai dengan film kecil pada tahun 1920. Ia telah membuat 60 film kecil.

 

4 dari 6 halaman

Deretan Film

Nama John Wayne mulai dikenal banyak orang ketika pria tersebut akhirnya berhasil membintangi berbagai film besar Amerika, salah satunya film 'The Big Trail' yang disutradarai oleh Raoul Walsh pada tahun 1930.

Kemudian disusul film 'Stagecoach' di tahun 1930-an. 1939. Dalam film ini, John Wayne berperan sebagai Ringo Kid yang berhasil membuatnya mencapai status bintang sejati.

Dalam film yang disutradarai oleh John Ford, 'The Long Voyage Home' pada tahun 1940, penampilan inilah yang membuat penampilan John Wayne banyak dikagumi di tahun-tahun awal ketenarannya saat itu.

Berbicara tentang John Wayne tentunya tidak lepas dari peran sutradara John Ford yang telah menemani karirnya selama puluhan tahun. Ada puluhan film yang disutradarai oleh John Ford yang dibintangi oleh John Wayne, antara lain 'Stagecoach' (1939), 'She Wore a Yellow Ribbon' (1949), 'The Quiet Man' (1952), 'The Searchers' (1956), dan 'The Wings of Eagles' (1957).

 

5 dari 6 halaman

Berprestasi

Selain menjadi aktor, John Wayne juga pernah menyutradarai dan memproduksi film berjudul 'The Alamo' yang dirilis pada tahun 1960. Dalam film yang menceritakan tentang pertempuran Alamo pada tahun 1839 ini, John Wayne juga termasuk dalam pemerannya, bahkan menjadi pemeran utama.

'The Alamo' juga meraih beberapa penghargaan, seperti Academy Award untuk suara terbaik dan Golden Globe untuk lagu orisinal terbaik.

Berbicara tentang John Wayne tidak akan pernah ada habisnya, karena sosoknya begitu berharga bagi banyak orang. Ia telah memainkan banyak peran dalam berbagai film yang memiliki genre berbeda, mulai dari komedi romantis, biografi, bahkan koboi.

Beberapa prestasi yang pernah diraih oleh John Wayne selama karirnya sebagai aktor, salah satunya adalah Academy Award sebagai aktor terbaik untuk aktingnya dalam film 'True Grit' pada tahun 1969. Berkat 'True Grit' juga, ia memenangkan penghargaan Golden Globe untuk kategori aktor terbaik.

John Wayne juga menerima People's Choice Award untuk kategori aktor film terfavorit selama tiga tahun berturut-turut. Selain itu, ia juga dianugerahi Penghargaan Anumerta Medali Emas Kongres dan Medali Kebebasan Presiden.

 

6 dari 6 halaman

Keluarga dan Meninggal Dunia

John Wayne diketahui telah menikahi tiga wanita kelahiran Spanyol: Josephine Alicia Saenz, Esperanza Baur Diaz, dan Pillar Pallete. Dia memiliki empat anak dari Josephine dan tiga anak dari Pillar. Anak-anaknya yang paling terkenal adalah Patrick Wayne dan Aissa Wayne karena menulis memoarnya sebagai putri John Wayne.

John Wayne menghembuskan nafas terakhirnya di Los Angeles, California, Amerika Serikat pada 11 Juni 1979. Penyebab kematiannya adalah kanker paru-paru. John Wayne didiagnosis oleh dokter dengan kanker paru-paru pada tahun 1964. Pemakamannya berlangsung di area Pacific View Memorial Park Cemetery di Corona del Mar.

'The Shootist' adalah film terakhir John Wayne sebelum dia menghembuskan nafas terakhirnya. Dalam film 1976 ini, ia memerankan J.B. Books, seorang penembak tua yang sekarat karena kanker. Peran ini adalah penampilan terakhirnya di layar kaca sebelum kematiannya tiga tahun kemudian.

John Wayne adalah aktor yang dikenal karena kemampuannya memainkan karakter yang kompleks. Wayne dianggap sebagai ikon film dan bintang Hollywood yang sangat dikagumi oleh banyak orang sepanjang masa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.