Sukses

Cerita Rhoma Irama di Masa Muda, Ingin Berhenti Bermusik karena Banyak Godaan

Rhoma Irama menceritakan masa-masa dirinya bimbang dalam bermusik.

Liputan6.com, Jakarta Raja dangdut Rhoma Rhoma Irama bercerita soal perjalanan kariernya saat muda dulu. Ayah Ridho Rhoma itu menceritakan bahwa dirinya pernah ingin sekali berhenti menjadi seorang musisi lantaran banyaknya godaan ke arah yang negatif seperti minuman beralkohol hingga pergaulan bebas. 

Rhoma Irama mengaku saat itu benar-benar pernah ada dalam kondisi bimbang harus melanjutkan karier bermusiknya atau tidak. Sampai pada setiap salatnya ia selalu berdoa untuk diberikan petunjuk oleh Allah SWT dan ia pun mengaku mendapat hidayah untuk lanjut bermusik.

Seperti diceritakan oleh pelantun Begadang  dalam video di saluran YouTube Rhoma Irama Official yang berjudul 'Bisikan Rhoma #7: Apa Iya Musik Itu Haram dan Pintu Maksiat?' yang tayang pada 3 September 2021 lalu.

 

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dekat dengan Maksiat

Rhoma secara blak-blakan mengungkap bahwa kehidupan musisi zaman dulu begitu dekat dengan maksiat. Hal tersebut yang membuatnya bimbang. 

“Jadi dulu saya pernah mau berhenti main musik. Jadi saya waktu di musik itu, memang sebagai mana yang saya katakan. Saya berjingkit-jingkit di wilayah setan. Di musik dan di seni itu satu gak lepas dari drunk. Ada bir, ada segala macam," kata Rhoma.

"Kemudian ada meninggalkan salat, ada pergaulan bebas, ini cipika-cipiki. Saya melihat itu dan saya merasa resah. Kalau saya salat dibilang 'Ah sok alim lu'. Kenapa sih mesti meninggalkan salat, di musik kenapa sih harus minum dulu?," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Minum Bir

Meski berusaha tetap menjalankan kewajibannya sebagai umat muslim untuk menjalankan ibadah salat, Rhoma juga mengaku sempat mencicip minuman beralkohol. 

"Dulu juga bir gua nyenggol juga dikit-dikit. Harus begitu, kalau di musik ada minuman. Terus gak salah, terus sama cewek bebas banget. Makanya keresahan itu muncul, tapi gua gak ninggalin musik," kata Rhoma.

 

4 dari 4 halaman

Doa Rhoma

Rhoma kemudian menyampaikan doa yang selalu dipanjatkannya setelah salat. Yakni meminta petunjuk mengenai keberlangsungan kariernya di musik. 

"Sampai gua sujud 'Ya Allah seandainya musik ini memperlebar jalanku ke neraka, cabut bakat seni ini. Tapi seandainya musik ini bisa membawa keridhoanmu, bimbing saya ya Allah'," jelas Rhoma.

"Itu doa saya bukan hanya di Makkah, tapi hampir di setiap salat. Kenapa? Saya resah. Nah akhirnya saya melihat Allah menjawab, maka diberikan saya hidayah," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.