Sukses

Naskah Drakor Squid Game Rampung Sejak 2009, Dulu Sempat Diragukan Kini Dianggap Relevan

Sutradara menyebut kini banyak orang yang menganggap Squid Game bisa menjadi cerminan kondisi dunia saat ini.

Liputan6.com, Seoul - Drama Korea garapan sutradara Hwang Dong Hyuk, Squid Game, ternyata menempuh perjalanan sangat panjang sebelum akhirnya bisa dirilis pada 17 September mendatang.

Dalam konferensi pers yang digelar secara daring oleh Netflix pada Rabu (15/9/2021), sang sineas ternyata merampungkan naskah drakor ini sejak 2009 silam.

"Tahun 2008 sebenarnya adalah tepat setelah aku pertama debut," tutur sutradara yang sebelumnya mengarahkan film Korea Selatan Silenced, yang dibintangi Gong Yoo.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Setelah Baca Komik

"Kala itu aku sering ke toko buku komik. Dan saat membaca banyak buku komik, aku ingin membuat cerita seperti dalam komik di Korea," tuturnya.

Hanya saja, banyak yang meragukan naskah ini.

3 dari 5 halaman

Dianggap Terlalu Kompleks dan Brutal

"Aku menyelesaikan naskahnya pada 2009. Pada saat itu, naskahnya terasa tak familiar, terasa begitu brutal, jadi banyak orang yang berpendapat ini bakal terlalu kompleks. Terlalu rumit dan tak komersial," kata dia.

Alhasil, saat itu ia tak dapat investasi untuk menggarap proyek ini. Setelah setahun mencoba menawarkan ide cerita ini, akhirnya ia memutuskan untuk "menidurkan" naskah Squid Game hingga satu dekade lebih.

4 dari 5 halaman

Jadi Cerminan Masa Kini

Namun kini, tema dalam Squid Game sudah mulai bisa diterima. Bahkan menurut Hwang Dong Hyuk, Squid Game bisa menjadi cerminan kondisi dunia saat ini.

"Ini agak sedih sebenarnya, tapi permainan mematikan ini kurasa bisa dibandingkan dengan apa yang kita lihat hari ini," kata dia.

Reaksi orang terhadap naskah Squid Game pun sekarang berubah. "Kini orang bilang kepadaku bahwa ceritanya bisa menjadi cerminan atas apa yang terjadi di dunia. Cerita ini mengingatkan mereka tentang apa yang terjadi di masyarakat yang keras," ia menuturkan.

5 dari 5 halaman

Sinopsis Squid Game

Squid Game sendiri mengisahkan permainan berdarah yang diikuti 456 peserta dengan berbagai masalah hidup. Ada Ki Hoon (Lee Jung Jae) yang punya setumpuk utang, Sae Byeok (Jung Ho Yeon) si pencopet dengan kehidupan keras, Deok Su (Heo Sung Tae) yang merupakan seorang gangster, dan lainnya.

Pemenang permainan ini akan memenangkan 45,6 miliar won, atau sekitar setengah triliun rupiah. Namun, taruhannya adalah nyawa.

Drakor yang juga dibintangi Park Hae Soo dan Wi Ha Joon ini akan mulai ditayangkan Netflix mulai 17 September mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.