Sukses

Sandiaga Uno Bidik Pengembangan Film dan Industri Animasi di Bandung dan Cimahi

Sandiaga Uno menganggap penting pengembangan ekonomi kreatif subsektor film, animasi dan video dari komunitas film, animasi dan video.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Baparekraf Sandiaga Uno tak cuma mendukung pengembangan kota wisata untuk peningkatan ekonomi di suatu wilayah. Ia juga membidik pengembangan usaha kreatif seperti film, animasi dan video.

Dia mengatakan, kawasan yang bakal dijadikan subsektor film, animasi dan video yakni Kabupaten Bandung dan kota Cimahi. Sandiaga Uno mengetahui jika Bandung dan Cimahi memiliki komunitas kreatif yang bergerak di film, animasi dan video.

"Kami akan siapkan workshopnya, karena peningkatan ekonomi juga bukan hanya dari segi pariwisata tapi ekonomi kreatifnya," kata Sandiaga Uno di pelaksanaan Program Pengembangan Kabupaten/Kota kreatif Indonesia di Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi, baru-baru ini.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Usaha Peningkatan Ekonomi

Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung ini, menurut Sandiaga Uno, ada beberapa komunitas kreatif yang mengembangkan usaha kreatif untuk peningkatan ekonomi dari kota dan kabupaten tersebut.

 

3 dari 5 halaman

Workshop

Kegiatan Workshop Pelaku Ekonomi Kreatif di Kota Cimahi dan kabupaten Bandung diberikan berupa materi terkait peningkatan inovasi dan kewirausahaan yang dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara narasumber dengan pelaku ekonomi kreatif.

Kegiatan workshop di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung masing-masing dihadiri oleh 65 pelaku ekonomi kreatif.

 

4 dari 5 halaman

Dilaksanakan Sejak 2016

Sandiaga Uno menegaskan, program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia merupakan program yang dilaksanakan sejak tahun 2016 dan hingga saat ini terus dikembangkan oleh Kemenparekraf/Baparekraf.

 

 

5 dari 5 halaman

Uji Petik

Tahapan kegiatan dilakukan dimulai dari pemetaan dan pengusulan subsektor ekraf unggulan melalui kegiatan dengan Uji Petik terhadap 4 (empat) unsur/elemen Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif Indonesia (PKM3I)

Yakni meliputi 17 subsektor ekonomi kreatif; kreator/pelaku ekraf (ABCG-M); rantai nilai ekraf; dan eterkaitan backward-forward linkage. Semua unsur PMK3I ini dapat didalami lebih lanjut melalui website https://kotakreatif.kemenparekraf.go.id.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.