Sukses

Kronologi Ari Lasso Idap Tumor Limpa, Berawal dari Sakit Perut Seperti Ditusuk

Ari Lasso cerita awal mula merasa kondisi kesehatannya tak baik.

Liputan6.com, Jakarta - Ari Lasso mengidap tumor limpa. Penyanyi berusia 48 tahun ini telah menjalani operasi pengangkatan tumor di Rumah Sakit Ramsay Premier Bintaro, Tangerang Selatan, pada Agustus lalu.

Melalui kanal YouTube-nya, Senin (6/9/2021) Ari Lasso pun mengungkap kronologi hingga dia didiagnosis mengidap tumor. Awalnya, pada 27 Juli 2021, dia merasa tak enak badan.

"Sepulang syuting ada show, aku ngerasa seperti masuk angin, ngerasa asam lambung naik ada greges, yang mana hal itu sudah sering aku rasakan bertahun-tahun," kata mantan vokalis Dewa 19 mengawali ceritanya.

Pada 4 Agustus, dia mengalami sakit tak tertahankan di area perutnya. Ari Lasso menyadari bahwa rasa sakit itu berbeda dengan sakit yang biasa dia rasakan.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rasa Sakit

"Waktu berlalu sampai seminggu, kemudian 4 Agustus aku syuting video klip judulnya 'Malaikat Itu Nyata.' Make-up artis sudah ada di rumah, kita sudah siap. Tapi tiba-tiba perutku merasa sakit yang sangat, banget, rasanya kurang familiar dengan sakit perutku biasanya," paparnya.

"Kalau orang skait lambung, mules atau melilit kan khas rasanya, kalau ini seperti ditusuk. Hal ini terjadi beberapa hari sebelum tanggal 4 waktu pertandingan semi final ganda putri olimpiade. Waktu itu aku banyak loncat terus perutku tiba-tiba sakit, aku dikerok hilang. Tapi di tanggal 4 tidak hilang," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Hasil USG

Diantar oleh sang anak, Ari Lasso pun dibawa ke UGD rumah sakit. Dia diberi obat pereda rasa sakit dan menjalani USG. Hasilnya mengejutkan.

"Singkat cerita ternyata dicurigai ada sebuah massa padat atau tumor, sel yang tumbuh di luar kewajaran di dalam limpa. Esoknya dilakukan lagi CT Scan abdomen, jadi aku puasa, dimasukin obat-obatan kontras, kemudian minuman kontras juga," paparnya.

4 dari 5 halaman

Operasi

Beberapa hari kemudian dia melakukan konsultasi dengan dokter-dokter spesialis. Ia akhirnya menjalani operasi pengangkatan tumor pada 20 Agustus 2021. Tindakan tersebut berjalan dengan baik.

"Intinya operasi itu berjalan lancar dan pemulihanku sebagai orang yang baru menjalani operasi besar itu sangat bagus respons tubuhku untuk obat-obatannya," jelasnya.

5 dari 5 halaman

Langka

Ari Lasso juga menjelaskan bahwa tumor yang diidapnya terbilang langka.

"Secara kedokteran namanya primary spleen jadi limpa primer, tumor pada limpa primer. Ini cukup langka karena biasanya limpa itu benjol, atau tumor karena kelainan darah atau kelainann kelenjar getah bening di ketiak ya, orang sering pingsan," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.