Sukses

Weibo Blokir 21 Akun Fan Club BTS hingga Blackpink, Dianggap Sebarkan Fanatisme Irasional

Akun fans K-Pop di Weibo diblokir 30-60 hari. Akun penggemar Jimin BTS mendapat hukuman yang lebih keras karena dianggap telah melakukan penggalangan dana ilegal.

Liputan6.com, Beijing - Media sosial China Weibo mengeluarkan tindakan keras terhadap sejumlah akun fan club para artis K-Pop di platformnya. Dilansir dari Yonhap News, Selasa (7/9/2021), sebanyak 21 akun fan club diblokir selama 30 hari terhadap akun BTS, IU, hingga NCT.

Global Times juga memberitakan bahwa akun fan club Lisa dan Rose Blackpink, RM BTS ikut dibekukan sementara. Nasib serupa menimpa fans dari anggota SNSD dan Red Velvet.

Langkah ini diambil 12 jam setelah akun penggemar Jimin BTS mendapat hukuman yang lebih keras karena dianggap telah melakukan penggalangan dana ilegal.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Demi Wajah Jimin di Pesawat

Akun penggemar Jimin BTS ini mendapat hukuman pemblokiran selama 60 hari, setelah menggalang dana untuk merayakan ultah sang idola Oktober mendatang. Mereka mengumpulkan uang untuk memesan kustomisasi di badan pesawat Jeju Air dengan gambar wajah Jimin. 

Global Times mencatatpenggalangan dana ini mengumpulkan sekitar dari 1 miliar yuan, atau lebih dari Rp 2,1 miliar.

3 dari 5 halaman

Dianggap Sebarkan Fanatisme Irasional

Weibo menyebut akun para penggemar K-Pop ini telah menyebarkan fanatisme irasional untuk "mengejar idola" dan menyesatkan pengikutnya.

"Weibo meningkatkan upaya untuk meluruskan 'kelompok penggemar' tanpa membedakan waktu atau lokasi," begitu pengumuman dari platform ini.

4 dari 5 halaman

Budaya Tak Sehat

Pemerintah China diketahui memang sedang berusaha untuk melawan kultur fanatisme terhadap artis, terutama untuk anak-anak di bawah umur.

Pemujaan terhadap pada idola dianggap menyuburkan budaya fandom di media internet yang tak sehat.

5 dari 5 halaman

Daftar Peringkat Seleb Dihapus

Daftar ranking yang memuat para seleb, akan dihapus dari media daring, dan pengaturan terhadap kultur fan club akan diperketat. Dalam pengumuman yang disampaikan Cyberspace Administration of China pekan lalu, publikasi ranking kini hanya akan berlaku untuk musik, film, TV, dan karya lainnya dari seleb.

Pengaturan untuk akun penggemar juga akan diperketat, dan akun ini disebut mesti diautorisasi oleh agensi sang seleb dan selalu dimonitor secara harian. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.