Sukses

6 Artis Ini Kecam TV Rayakan Kebebasan Saipul Jamil, Ernest Prakasa Singgung Matinya Nurani

Gelombang protes terhadap penyambutan Saipul Jamil meninggi. Terbaru, setidaknya ada 6 artis yang protes keras atas perayaan salah kaprah ini.

Liputan6.com, Jakarta Saipul Jamil bebas setelah menjalani masa hukuman akibat kasus pencabulan dan suap jaksa seperempat miliar rupiah. Bekas pesakitan itu disambut layaknya atlet pemenang emas Olimpiade.

Menghirup udara bebas, bintang film Pijat Atas Tekan Bawah dikalungi untaian bunga dan diarak dengan mobil mewah. Setelahnya, Saipul Jamil beranjangsana ke beberapa program layar kaca.

Publik mengecam perayaan atas bebasnya narapidana pencabulan remaja ini. Minggu (5/9/2021), petisi menolak kehadiran Saipul Jamil di TV dan YouTube tembus 300 tanda tangan. Sejumlah artis mengecam TV yang merayakan kebebasan Bang Ipul. Berikut enam di antaranya.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Najwa Shihab dan Permakluman

Tuan rumah Mata Najwa tak habis pikir dengan perayaan kebebasan Saipul Jamil. Di akun Instagram terverifikasinya, Najwa Shihab memperingatkan, “Merayakan bebasnya pedangdut Saipul Jamil setelah lima tahun mendekam di penjara bukan perkara sembarangan.”

Najwa menilai, perilaku ini berpotensi bisa membuat “pemakluman” atas kekerasan seksual terhadap dua remaja yang jadi korban. “Yang gak kalah bahaya, orang-orang bisa gak malu lagi kalau melakukan kekerasan seksual,” ia menambahkan.

3 dari 7 halaman

2. Ari Lasso Nangis

Najwa Shihab lalu mengulas, “Selain itu, perilaku (merayakan kebebasan Saipul Jamil -red) ini juga bisa bikin orang-orang jadi merasa ‘biasa’ melihat para pelaku kekerasan seksual. Belum lagi hal ini juga bisa membuat korban semakin takut buat berbicara dan terbuka.”

Ia mencuitkan ini seraya mengunggah potongan video Saipul Jamil diarak pakai mobil. Ditonton lebih dari 5 juta kali, Ari Lasso mengirim emotikon wajah menangis sambil menyorot, “Disambut kalungan bunga.” Lebih dari 23 ribu orang menyukai komentar Ari.

4 dari 7 halaman

3. Kemal Palevi, Efek Jera

Apa cuma di Indonesia, mau sekontroversi apapun orangnya, udah masaku penjara kek, dihujat se-Indonesia, selalu habis masalahnya kelar, kayak gak ada apa2 gitu?” tanya komika Kemal Palevi di Twitter.

Tau2 udah syuting TV lagi. Tau2 udah ngeyoutube lagi, dan pengemarnya tetap banyak. Iya bener, Tuhan aja maha pemaaf. Tapi kapan jeranya c*k?” lagi ia melempar tanya di jagat maya. Ada yang bisa jawab?

5 dari 7 halaman

4. Soleh Solihun, Soal Glorifikasi

Fenomena TV menyambut kebebasan Saipul Jamil juga bikin aktor, komika, sekaligus sineas Soleh Solihun pusing tujuh keliling. Minggu (5/9/2021), ia mau melapor, eh, lembaga terkait juga sedang disorot publik akibat dugaan pelecehan seksual dan perundungan.

Mau lapor ke ‘lembaga yg ngawasin siaran’ soal glorifikasi artis mantan napi kasus pelecehan, eh tapi ya lembaganya juga membiarkan karyawannya melakukan pelecehan,” keluhnya via akun Twitter terverifikasi. Lebih dari 13 ribu orang menyukai cuitan ini.

6 dari 7 halaman

5. Ernest Prakasa, Bau Menyengat

Tanpa tedeng aling-aling, bintang film Cek Toko Sebelah dan Imperfect melontar sindiran soal bau busuk yang menyengat belakangan ini. Ernest Prakasa bertanya dan sejurus kemudian telah menemukan jawabnya.

Bau busuk apa yang menyengat ini? Oh, ternyata bau bangkai dari matinya nurani stasiun TV yang memperlakukan mantan napi pelecehan seksual bagaikan pahlawan,” ketusnya via akun Twitter terverifikasi, Minggu (5/9/2021).

7 dari 7 halaman

6. Angga Dwimas Sasongko, Tegas!

Sikap tegas diperlihatkan sineas Angga Dwimas Sasongko dari rumah produksi Visinema. Ia menyetop pembahasan distribusi film Keluarga Cemara dan Nussa dengan TV merayakan kebebasan Saipul Jamil. Angga beremnpati pada korban yang bisa jadi trauma seumur hidup.

Menyikapi hadirnya Saiful Jamil di televisi dengan cara yang tidak menghormati korban, maka kami memberhentikan semua pembicaraan kesepakatan distribusi film Nussa & Keluarga Cemara dg stasiun TV terkait,” tulis Angga lewat akun Twitter, 5 September 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini