Sukses

5 Tips Teuku Wisnu soal Hadapi Anak yang Berantem, Termasuk Pakai Jurus Bapak-Bapak

Teuku Wisnu menekankan agar emosi orangtua tak ikut terpancing saat anak berantem.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai ayah tiga anak, Teuku Wisnu pasti pernah menghadapi perselisihan di antara buah hatinya. Rasanya terdengar sepele, tapi suami Shireen Sungkar ini paham benar bahwa cara orangtua menangani masalah tersebut punya pengaruh besar untuk anak-anaknya.

Lewat Instagram, Minggu (29/8/2021), ia membagikan kepada publik cara yang ia lakukan untuk menengahi anak yang sedang berantem. Ia membagikan video singkat saat sedang menghadapi hal ini.

Aktor yang telah hijrah ini terlihat sedang berbicara dengan putra sulungnya, Teuku Adam Al Fatih, dan putrinya, Cut Hawwa Medina Al Fatih. "Maa syaa Allah. Tips Misahin Adam & Hawwa yang Bertengkar," tulis ipar Irwansyah ini di kolom caption.

Apa saja?

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jangan Ikut Emosi

Tip paling pertama disebut Teuku Wisnu, adalah jangan sampai emosi orangtua ikut terpancing. "Biasanya kalo anak ribut, orang tua suka pusing dan malah ikutan marah. Rileks..." tulisnya.

Hanya saja, ia mengakui hal ini memang tak semudah perkataan saja.

3 dari 6 halaman

2. Jadi Pendengar

"Dengerin mereka cerita. Anak kalo berantem kalo gak nangis, ya ngadu. Kita dengerin curhatannya biar lega baru kasih solusi (ini setelah mereka cerita)," tulisnya.

Dalam video misalnya, terlihat bahwa Adam mengadu bahwa ia jatuh karena didorong sang adik. Teuku Wisnu mendengarkan keluhan si sulung sampai selesai lalu berkata, "Tapi bukan berarti memperbolehkan menyakiti adik kamu. Paham ya, Sayang, ya?"

4 dari 6 halaman

3. Jangan Memihak

Kadang orangtua meminta anak yang lebih besar untuk mengalah kepada adiknya, hanya karena pertimbangan umur. Namun hal ini dihindari oleh pria 36 tahun ini.

"Aku harus bersikap netral. Gak ada yg namanya bela Hawwa karna Adam harus ngalah sama adik. Atau bela Adam karna abang salah marah sama Hawwa. Harus adil semuai porsi sebab & akibat," tulisnya.

Ia menegaskan anak mesti diberi pengertian mana yang benar dan salah.

5 dari 6 halaman

4. Nasihati dengan Hati

Yang ini, kata Teuku Wisnu, balik poin paling awal, yaitu jangan sampai terbawa emosi.

"Kalo emosi, kita pas ajak anak diskusi bawaannya suram dan anak malah jadi takut. Kalo rileks, anak lebih dengerin kata2 kita dan diterima hatinya," kata Teuku Wisnu.

Dalam video ini dicontohkan, Teuku Wisnu dengan suara lembut tapi tetap tegas berpesan kepada anak-anaknya. "Makanya kalau tidak mau ada yang kayak gini, tolong jangan bikin marah satu sama lain," kata dia, sementara anak-anaknya mendengarkan dengan seksama.

6 dari 6 halaman

5. Jurus Bapak-Bapak

Terakhir, Teuku Wisnu punya jurus pamungkas untuk mencairkan suasana. "Biasanya aku pake jurus bapak2 yang bikin tampang konyol biar suasana cair dan anak ketawa," kata dia.

Namun dalam kasus ini, kata sang pemain Citra Fitri, sang pemecah kebekuan justru Hawwa. Di tengah suasana yang serius, gadis kecil ini bertanya, "Emang aku adiknya [Adam]?"

Teuku Wisnu langsung menyambar,"Bukan. Bibinya." Mendengar jawaban kocak sang ayah, dua bocah ini langsung ngakak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.