Sukses

Mengenal Hatch, Program Inkubasi Hasil Kekayaan Intelektual Kreatif

Hatch adalah sebuah program inkubasi hasil kekayaan intelektual kreatif yang mencakup komik, ilustrasi, game, buku, dan film

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kedai Reka mendukung lahirnya Hatch yang diinisiasi Katapel.id bersama Universitas Multimedia Nasional (UMN). Hatch merupakan program inkubasi hasil kekayaan intelektual kreatif yang mencakup komik, ilustrasi, game, buku dan film.

Banyaknya permasalahan yang timbul dalam dunia kekayaan intelektual kreatif di Indonesia, membuat program Hatch diperkenalkan secara lebih luas kepada masyarakat.

Nantinya, program ini berfokus pada aspek kreatif yang sebelumnya tidak ada pada Katapel seperti pematangan konsep dan ide, pengembangan karakter dan cerita, persiapan bisnis atau komersialisasi IP, hingga penyiapan kerja tim atau perusahaan.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengembangan IP

Grace Kusnadi, selaku Executive Director Katapel.id mengatakan "Hal terpenting dalam pengembangan IP kreatif adalah rencana yang matang dan persiapan IP sebelum masuk ke ranah komersialisasi. Banyak potensi yang bisa kita maksimalkan bersama Hatch di preparation stage"

 

 

 

3 dari 5 halaman

Dua Kriteria

Hatch, kata Grace, berfokus pada target peserta dengan dua kriteria yaitu pelajar atau mahasiswa dan kreator IP pemula.

"Proses inkubasi Hatch diawali dengan seluruh peserta yang mendaftar akan mengikuti webinar yang dihadiri oleh speaker-speaker yang sudah expert pada bidangnya, yang tentunya sangat berguna untuk para kreator dalam pengembangan serta berbisnis IP," dia melanjutkan.

 

 

4 dari 5 halaman

Seleksi

Setelah para peserta mengikuti webinar, peserta akan diwajibkan untuk mensubmit ulang proposal IP mereka untuk diseleksi menjadi 30 besar, yang nantinya diwawancara untuk menjadi 20 peserta dan mengikuti program Mentoring Intensif dari para mentor selama kurang lebih 2 bulan.

Usai program mentoring selesai, tim Hatch akan membantu para peserta untuk mewujudkan IP mereka dalam bentuk prototype IP. Setelah 20 peserta terpilih melewati proses mentoring hingga pembuatan prototype IP, pada akhir program ini mereka dipertemukan dengan Review Day, yang dimana para peserta harus menunjukan dan mempresentasikan IP mereka kepada reviewer (IP Expert).

 

 

5 dari 5 halaman

Mulai 27 September 2021

 

Batch pertama Hatch akan berlangsung pada 27 September 2021, ditandai dengan adanya webinar oleh Hatch dan seluruh rangkaian mentoring akan berakhir di 7 Desember 2021. Untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya dapat mengakses akun Instagram @hatchbykatapel 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.