Sukses

Beredar Kabar Sinta Nuriyah Meninggal Dunia, Dua Putri Gus Dur Beri Klarifikasi

Kamis (19/8/2021), beredar kabar palsu istri almarhum Gus Dur, Sinta Nuriyah, meninggal dunia. Rupanya, ini hoaks.

Liputan6.com, Jakarta Kabar palsu atau hoaks meninggal dunia menghantam kalangan selebritas hingga figur publik. Yang terbaru menerpa mantan Ibu Negara Republik Indonesia, Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid.

Kabar palsu ini menjalar lewat sejumlah grup WhatsApp dan mulai meresahkan publik. Hoaks akhirnya sampai ke telinga dua putri Sinta Nuriyah yakni Alissa Wahid dan Anita Wahid.

Gerah dengan hoaks ini, Kamis (19/8/2021), Alissa Wahid lewat akun Twitter terverifikasinya menyampaikan klarifikasi bahwa istri almarhum Gus Dur dalam kondisi sehat dan baik-baik saja.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sinta Nuriyah Mengaji

Alissa Wahid mengunggah dua foto Sinta Nuriyah duduk di kursi roda mengenakan mukena putih. Ia tampak khusyuk membaca Al-Qur’an yang dialasi bantal segiempat warna lila.

Ibunda saya, Ibu Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, alhamdulillah sehat, sedang mengaji. Mohon doanya agar beliau panjang umur, sehat, dalam kehidupan penuh berkah,” cuitnya.

3 dari 5 halaman

Hoaks di Grup WhatsApp

Ribuan warganet menyukai cuitan berisi klarifikasi ini. Ratusan warganet merespons. Salah satu dari mereka mengadu ke putri Gus Dur terkait hoaks yang diterimanya.

Hoaks via WhatsApp Group itu diunggah dalam sebuah tangkapan layar isinya, “Innalillahiwainnailaihirojiun. Telah berpulang ke rahmatullah Ny. Sinta Nuriyah (istri Alm. Gus Dur).”

“Semoga almarhumah menghadap Sang Khaliq dengan husnul khatimah dan mendapatkan tempat yang sebaik-baiknya di sisi Allah SWT. Amin YRA. Al Fatihah,” demikian isi hoaks tersebut.

4 dari 5 halaman

Klarifikasi Anita Wahid

Menangkis kabar palsu, putri Gus Dur lainnya, yakni Anita Wahid meyakinkan publik bahwa ibunya baik-baik saja dengan mengunggah foto Sinta Nuriyah mengaji di akun Twitter-nya yang diikuti 50 ribuan orang.

 

5 dari 5 halaman

Tidak Benar!

Berita yang seliweran di whatsapp tentang kepergian Ibu Sinta Nuriyah tidak benar. Beliau alhamdulillah sehat, segar, dan bisa melaksanakan ibadah dengan lancar. Foto ini diambil beberapa menit lalu, tampak beliau sedang membaca Al-Quran seperti biasa,” cuitnya.

Mohon doanya dari teman-teman sekalian agar beliau senantiasa diberi rahmat kesehatan oleh Allah SWT, dan diberi umur panjang untuk berada bersama kita,” Anita Wahid menambahkan. Warganet membanjiri cuitan ini dengan doa untuk Sinta Nuriyah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.