Sukses

Kris Wu Resmi Ditangkap, Jutaan Videonya Dihapus dari Platform Daring China

Sejumlah lembaga di China ikut bersuara setelah Kejaksaan China menyatakan secara resmi menangkap Kris Wu.

Liputan6.com, Beijing - Kris Wu akhirnya secara resmi ditangkap atas dugaan pemerkosaan. Hal ini diungkap oleh Kejaksaan Distrik Chaoyang, Beijing, pada Senin (16/8/2021).

Diwartakan Global Times, Rabu (18/8/2021), China Netcasting Services Association (CNSA), salah satu asosiasi terbesar di industri internet China, ikut bersuara mengenai sang mantan anggota EXO. 

Lembaga ini menyatakan mendukung para anggotanya untuk menghapus konten dari pria bernama lain Wu Yi Fan ini.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tak Ada Toleransi

Asosiasi yang berafiliasi dengan pemerintah China ini mengeluarkan dukungan, setelah sejumlah platfrom menyatakan tak akan menoleransi seleb yang melakukan kriminalitas dan akan menghapus konten Kris Wu. 

Platform ini antara lain Tencent, iQiyi, dan Youku, yang merupakan platform besar di Negeri Tirai Bambu.

3 dari 5 halaman

1,9 Juta Video Pendek

Menurut CNSA, hingga Selasa pagi kemarin, ada 1,9 juta video pendek yang terkait dengan Kris Wu dihapus dari internet. Selain itu ada 7 ribu program video terkait pria 30 tahun ini yang bernasib serupa.

Disebutkan bahwa penyaringan terhadap video terkait Kris Wu, masih berlanjut.

4 dari 5 halaman

Asosiasi Film, Musik, hingga Artis TV

Di sisi lain, Asosiasi Perfilman China, Asosiasi Musikus China, dan Asosiasi Artis TV China juga membuat pernyataan setelah penangkapan resmi Kris Wu.

Mereka berjanji untuk menolak seleb yang tak beretika dan menciptakan lingkungan sehat untuk industri pertelevisian.

5 dari 5 halaman

Jalannya Kasus

Seperti diketahui, kasus hukum ini pertama kali mencuat setelah unggahan seorang wanita bernama Du Meizhu viral. Ia menuding Wu menidurinya dalam keadaan tak sadar, dengan iming-iming muncul di video klip. Wanita ini mengklaim ada korban lain, termasuk yang masih di bawah umur. 

Kris Wu sempat mengeluarkan bantahan atas tudingan ini.

"Aku menyatakan tak ada yang namanya 'pemilihan selir!' tak ada 'pemerkosaan dengan rayuan', 'perkosaan dengan menggunakan obat bius untuk memperkosa!' Tak ada 'anak di bawah umur! Kalau memang ada yang seperti itu, jangan khawatir, aku sendiri yang akan masuk penjara!" begitu pernyataan Kris Wu yang dibagikan di Weibo. 

Awal bulan ini, seorang remaja Los Angeles mengungkap bahwa ia juga menjadi korban Kris Wu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.