Sukses

Reaksi Reza Rahadian Setelah Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas Menang di Locarno Film Festival

Reza Rahadian meluapkan syukur setelah film terbarunya, Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas, menang di Locarno Film Festival.

Liputan6.com, Jakarta Film terbaru Reza Rahadian, Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas menang Golden Leopard, penghargaan tertinggi untuk film terbaik di Locarno Film Festival, Swiss, Agustus 2021.

Dalam sesi wawancara lewat telepon dengan Showbiz Liputan6.com, Sabtu (14/8/2021), aktor peraih empat Piala Citra ini meluapkan rasa syukur atas pencapaian karya sineas Edwin.

Dirilis dengan judul internasional Vengeance Is Mine, All Others Pay Cash, Reza Rahadian menyebut film terbarunya salah satu duta Indonesia di sektor budaya yang mengukir prestasi membanggakan.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perhatian yang Setara

“Mudah-mudahan dari pemerintah dan Presiden Republik Indonesia memberi respons positif atau perhatian yang setara. Mungkin yang kami dapat bukan medali emas,” kata sang aktor.

Golden Leopard yang didapat film ini diyakini Reza Rahadian jadi angin segar untuk industri film Indonesia yang kondisinya belum bergairah lagi akibat terpukul pandemi Covid-19.

3 dari 5 halaman

Back To Back

Lebih lanjut, bintang film Habibie & Ainun menyebut harapan agar diapresiasi Pemerintah Indonesia tak berlebihan. Mengingat, pencapaian di Locarno Film Festival bukan hal mudah.

“Wajar jika harapan itu muncul karena penghargaan yang diterima Indonesia back to back. Kemarin kita habis dapat emas Olimpiade Tokyo dan sekarang dapat Golden Leopard dari Swiss,” Reza Rahadian menyambung.

4 dari 5 halaman

Duta Budaya

Film adalah produk budaya yang memuat unsur peradaban masyarakat dalam bentuk karya seni. Pemerintah Indonesia sering menyebut negaranya berbudaya namun dalam padangan Reza Rahadian ada sebuah catatan kritis.

“Di sisi lain, duta-duta kebudayaan kita (yang telah mengharumkan nama bangsa) berada di pinggir atau sudut yang kadang terlihat kadang enggak,” aktor kelahiran Bogor, 5 Maret 1987 itu mengingatkan. 

5 dari 5 halaman

Langkah Nyata

Sebagai seniman di negara yang kaya keragaman budaya, Reza Rahadian berharap Pemerintah Indonesia meningkatkan dukungan dan apresiasi dalam memajukan industri seni.

“Rasanya tidak aneh jika seniman berharap prestasi mereka di kancah dunia diapresiasi. Mudah-mudahan Bapak Presiden dan Kementerian terkait bisa mengambil langkah nyata mendukung industri ini,” ia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.