Ruben Onsu Jadikan Mandi Sebagai Ritual Khusus di Masa Pandemi Covid-19

Oleh Aditia Saputra pada 03 Agu 2021, 09:30 WIB
Diperbarui 03 Agu 2021, 09:30 WIB
[Fimela] Ruben Onsu
Perbesar
Ruben Onsu (Youtube/Armand Maulana)

Liputan6.com, Jakarta - Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini kesehatan adalah sesuatu yang penting. Seperti yang dilakukan oleh Ruben Onsu. Meski tetap bekerja keluar rumah, Ruben tetap menjaga kebersihan dari virus. 

Karena hal itulah, suami Sarwendah itu menyebut kerap melakukan mandi hingga berkali-kali. Hal ini diakuinya menjadi ritual khususnya.

“Abis dari luar, ritual mandinya ampun deh. Udah suggest aja dah, misal kelar mandi merasa masih kotor padahal udah bersih dan pakai handuk, ya udah mandi lagi," ujar Ruben Onsu, di kawasan Tanah Sereal, Jakarta Barat, baru-baru ini.

"Huuuh udah deh. Gua belum bisa bernego ya, lebih batter ketimbang awal pandemi. Hampir tiga bulan gua nggak keluar rumah. Kemana mana takut. Di rumah aja, yang dateng aja ke rumah parno. Sekarang jaga prokes aja. Swab rutin pasti," lanjutnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Hikmah

Ruben Onsu (Foto: Instagram/@ruben_onsu)
Perbesar
Ruben Onsu (Foto: Instagram/@ruben_onsu)

Akan tetapi, Ruben mengakui ada hikmah baik selama pandemi Covid-19. Ayah sambung Betrand Peto ini mengaku jadi punya lebih banyak waktu di rumah untuk istri dan anak-anaknya. 

"Kerjaan mah yang Brownis aja. Setelah itu pulang mandi. Jadi banyak di rumah aja, lebih ke anak semuanya, mereka sudah sekolah. Jadi saya bersyukur ada sisi baiknya, lagi kondisi begini banyak di rumah, bisa ketemu intens sama anak," ujarnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mencari Nafkah

Ruben Onsu dan Betrand Peto. (Foto: Instagram @ruben_onsu)
Perbesar
Ruben Onsu dan Betrand Peto. (Foto: Instagram @ruben_onsu)

Selain itu, sebagai kepala rumah tangga adalah kewajiban Ruben untuk tetap bekerja mencari nafkah. Untuk mengurangi kegiatan di luar rumah, Ruben pun langsung pulang ke rumah. 

"Sama sekali nggak, di rumah aja. Makanya kalau bapaknya mesti kerja, nggak mungkin ngarepin duit dari langit. Jadi saya pulang harus mandi, sudah bersih baru ketemu anak. Rumah kerja pulang lagi," pungkasnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Protokol Kesehatan Ketat

Tak hanya itu, Ruben Onsu rupanya juga tak main-main menaati anjuran protokol kesehatan tersebut. Suami Sarwendah ini sangat ketat menerapkan protokol kesehatan di lingkungan keluarganya, bahkan Ruben menyiapkan swab untuk karyawan yang masih harus bolak-balik ke luar rumah.

"Wah, gua sih udah makan nasi padang rasa sanitizer ya. Jadi sebelum makan cuci tangan dan semprot. Menerapkannya diterapkan banget," ungkap Ruben Onsu.

"Keluar pager aja anak gua harus pakai masker, karyawan yang bolak-balik harus swab," lanjutnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Masker

Ruben juga menyebut bahwa anak-anaknya saat ini juga sudah terbiasa mengenakan masker. Presenter berusia 37 tahun ini juga menyebut Betrand Peto selalu menjadi contoh untuk adik-adiknya agar selalu menaati protokol kesehatan yang berlaku.  

"Yang paling biasa Thania. Dia kalau keluar rumah nggak pakai masker selalu tanya mana maskernya. Kalau Thalia masih mau yang sesuai bajunya. Betrand contohin adiknya selalu pakai masker karena pada nyontohin adiknya pada ikut," ujar Ruben.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya