Sukses

Anak Urip Arpan Sudah Pesan Makam Seminggu Sebelum Seniman Betawi Meninggal Dunia

Anak Urip Arpan seolah sudah memiliki firasat akan kepergian sang ayah.

Liputan6.com, Jakarta - Aktor senior, Urip Arpan, mengembuskan napas terakhirnya pada Kamis (29/7/2021). Seniman berwajah mirip Benyamin S sebelumnya berjuang melawan penyakit stroke dan diabetes.

Kini, bintang Laila Majenun telah berada di peristirahatan terakhirnya di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kawi-Kawi, Johar Baru, Jakarta Pusat. Ia dimakamkan Jumat (30/7/2021) siang.

Arief, anak yang selama ini merawat pesinetron Juki menceritakan kronologis kepergian Urip Arphan, seperti terlihat di kanal YouTube Cumicumi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tak Ada Hitungan Menit

Diceritakan Arief, bahwa saat itu ia baru saja memandikan Urip Arphan. Baru saja mau disuapi makan, sang ayah sudah sesak.

"Pas saya mau suapin bapak kayak sakratul maut gitu, setelah itu ditelinga saya bisikin pak ikutin laa illaha illallah muhammadar rasulullah ikutin pak ikutin terus. Itu enggak ada itungan menit dia langsung (lemas)," ungkapnya.

 

3 dari 5 halaman

Diswab

Melihat sang ayah tak lagi bergerak, Arief kebigungan untuk mencari bantuan. Untunglah para tetangga langsung membantunya.

"Alhamdulillah mereka membantu. Mereka juga bingung babe masih ada ape kagak kan. Kita panggil dokter, kata dokter, 'Beliau sudah tidak ada'. Tapi kata dokter mari kita prokes kita swab dulu bapak. Alhamdulillah negatif, bukan Covid tapi emang sakit orangtua," paparnya.

 

4 dari 5 halaman

Pesan Makam

Arief juga menjelaskan bahwa seminggu sebelum Urip Arphan meninggal dunia, ia seolah memiliki firasat. Ia pun memesan makam.

"Intinya saya sudah mesen makam ini sama penjaga tanaman. 'Bang kalau papa emang enggak ada taroh sini ya'. Dia bilang, 'Yang penting KTP Jakarta'," lanjutnya.

 

5 dari 5 halaman

Dapat Bantuan

Semasa hidupnya, Urip Arpan mendapat bantuan dari salah satu sahabatnya, Deddy Mizwar.

"Tak lupa saya ucapkan banyak terima kasih kepada Pak Haji Deddy Mizwar. Pak Deddy Mizwar adalah orang yang sangat baik. Beliau yang men-support tiap bulan untuk keluarga kami khususnya untuk bapak kami. Tadi pagi pun beliau sudah mengucapkan belasungkawa meski melalui WhatsApp," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.