Sukses

Potret Haru Proses Kremasi dan Pelarungan Ibunda Ade Rai ke Laut

Ibunda Ade Rai dikremasi dan abunya dilarung ke laut.

Liputan6.com, Jakarta Ibunda Ade Rai meninggal dunia Jumat (23/7/2021) lalu. Jenazah ibunda binaragawan itu sudah dikremasi dan dilarung abunya ke laut Jawa. 

Prosesi pelepasan kepergian ibunda Ade Rai untuk selama-lamanya pun dilakukan dengan sederhana.

Seperti apa potret proses pelarungan abu jenazah ibunda Ade Rai? Berikut potretnya seperti dilansir dari Kapanlagi.com.

 

 

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Adat Bali

Proses kremasi hingga pelarungan abu mendiang ibunda Ade Rai, Selena Susanti, sarat akan nuansa adat Bali. Kremasi jenazah dilaksanakan di salah satu krematorium.

 

3 dari 11 halaman

Angkat Peti

Ade Rai tampak ikut turun tangan mengangkat peti jenazah sang bunda ke tungku pembakaran bersama beberapa pria lain dengan tetap mengenakan masker sesuai protokol kesehatan.

 

4 dari 11 halaman

Sosok

Semasa hidupnya, mendiang dikenal sebagai sosok ibu, nenek, tante, sekaligus istri yang disayangi oleh seluruh anggota keluarganya, tak terkecuali Ade Rai sendiri.

 

5 dari 11 halaman

Diantar Keluarga

Di hari kepergian Selena Susanti, sejumlah keluarga Ade Rai datang untuk melepas kepergian mendiang untuk terakhir kalinya melalui prosesi kremasi dan larung abu.

 

6 dari 11 halaman

Melarung

Melarung sendiri merupakan proses menghanyutkan abu di sungai atau laut yang memiliki makna sebagai penghanyut segala kekotoran yang masih tertinggal pada roh mendiang.

 

7 dari 11 halaman

Penghormatan

Melarung dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan penyucian, di mana laut merupakan tempat melebur atau mengembalikan ke unsur aslinya atau unsur yang seharusnya (kembali ke alam semesta).

 

8 dari 11 halaman

ke Laut

Abu dan tulang mendiang dilarung ke laut pada malam hari sekitar pukul 19.00 WIB di hari yang sama. Prosesi pelarungan dilakukan dengan naik kapal di daerah Tanjung Priok

 

9 dari 11 halaman

Melarung

Seperti sebelumnya, Ade Rai juga terlibat langsung dalam proses pelarungan abu mendiang ibunda. Binaragawan berprestasi ini sendiri yang melarung abu dan tulang mendiang ke laut.

 

10 dari 11 halaman

Kenangan Indah

Meski duka atas kepergian Selena Susanti masih menyelimuti, kenangan indah bersama mendiang tetap hidup di hati Ade Rai dan keluarga.

 

11 dari 11 halaman

Selamat Jalan

Selamat jalan ibunda Ade Rai, semoga mendiang mendapat tempat terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberi kekuatan serta ketabahan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.