Curhat Jungkook, soal Pengaruh Billie Eilish hingga Merasa Tak Bisa Imbangi BTS

Oleh Ratnaning Asih pada 27 Jul 2021, 12:20 WIB
Diperbarui 27 Jul 2021, 12:20 WIB
Jungkook BTS. (Big Hit Music via Soompi)
Perbesar
Jungkook BTS juga mengungkap kadang merasa terbebani dengan kesuksesan Butter dan Dynamite. (Big Hit Music via Soompi)

Liputan6.com, Seoul - Jungkook BTS baru-baru ini mengungkap curahan hati soal kesuksesan grupnya dan pengembangan dirinya. Dilansir dari Billboard, Selasa (27/7/2021), dalam wawancara dengan majalah Weverse, ia mengungkap kesuksesan "Butter" dan "Dynamite" adalah standar yang sulit dicapai lagi.

"Aku tak pernah merasa terikat dengan peringkat, tapi sebagus dan sebahagia apa pun kami sejak memecahkan rekor dengan 'Dynamite', ini juga terasa jadi beban," tuturnya.

Jungkook BTS yang merupakan maknae alias anggota bungsu di grupnya menambahkan, "Banyak orang yang memberikanku pengakuan, jadi aku terus berpikir untuk bekerja lebih keras, dan kami bahkan mendapat hasil lebih baik lewat 'Butter' dibanding 'Dynamite.' Jadi aku akhirnya merasa terbebani."

Sekadar mengingatkan, "Butter" pada minggu ini masuk kembali ke urutan pertama Billboard Hot 100. Artinya, ini adalah pekan kedelapannya bertengger di urutan pemuncak.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tak Bisa Imbangi BTS

Jungkook BTS. (Twitter/ bts_bighit)
Perbesar
Jungkook BTS. (Twitter/ bts_bighit)

Kesuksesan fenomenal BTS, rupanya membuat Jungkook bercermin kepada dirinya sendiri. "BTS adalah tim yang luar biasa, tapi mungkin masalahku adalah, aku tak bisa mengimbangi BTS," kata pria 23 tahun asal Busan ini.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Menggarap Mixtape

Jungkook BTS. (Twitter/ bts_bighit)
Perbesar
Jungkook BTS. (Twitter/ bts_bighit)

Meski kadang merasa tertinggal, Jungkook tak ingin hanya diam dan memikirkan perasaannya. Di sela kesibukannya bersama keenam rekan yang lain, ia mengatakan sedang menyiapkan mixtape solo miliknya.

Apalagi pandemi Covid-19 menghalangi BTS menggelar konser sehingga ia merasa harus menyegerakan diri untuk menyapa penggemar lewat mixtape.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cerita dalam Album

Jungkook BTS. (Twitter/ BTS_twt)
Perbesar
Jungkook BTS. (Twitter/ BTS_twt)

"Aku tadi mengerjakannya sebelum datang ke sini. Tapi susah ya! Aku bisa saja membuatnya tentang diriku, seperti apa saat aku menjadi trainee di usia 13, aku bekerja keras, dan menemukan kesuksesan. Tapi semua orang bisa membuat yang seperti ini," kata dia.

Alhasil, Jungkook mengatakan dirinya terus berpikir untuk membuat kisah yang orisinal dan kompleks.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pengaruh Billie Eilish

Billie Eilish Raih Piala Terbanyak di Grammy Awards 2020
Perbesar
Billie Eilish berpose dengan piala penghargaan Grammy Awards 2020 di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (26/1/2020). (AP Photo/Chris Pizzello)

Jungkook juga mengungkap nama artis yang memberi pengaruh besar kepadanya.

"Saat baru keluar, album debut Billie Eilish meninggalkan kesan mendalam padaku. Rasanya memang bagus bila ada alur yang mengikat dalam urutan lagu-lagunya, tapi di sisi lain tak apa-apa juga bila semuanya campur baur. Selama yang terus muncul adalah lagu yang bagus. Ini adalah pikiranku sekarang," kata dia.

Karenanya, ketimbang berpikir keras soal cerita albumnya secara keseluruhan, Jungkook kini memilih untuk menulis apa yang ia inginkan dalam tiap lagu.

"Kalau aku merasa sudah pas saat mendengar satu lagu, aku akan mencoba membuatnya. Dan aku akan membuatnya terasa cukup ringan," Jungkook memungkasi.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya