Sukses

Ernest Prakasa Puasa Instagram 7 Hari, Sebut Dampak Kecanduan Medsos Mirip Efek Narkoba

Ernest Prakasa rupanya puasa Instagram selama seminggu. Ia berbagi alasan absen dari medsos.

Liputan6.com, Jakarta Ernest Prakasa rupanya baru menyelesaikan puasa Instagram selama seminggu. Suami Meira Anastasia ini menghapus aplikasi Instagram dari ponsel dan kembali aktif pada Minggu (25/7/2021).

Hal pertama yang disadari Ernest Prakasa saat puasa, yakni aspek kecanduan berupa refleks tangan membuka Instagram, padahal otak tak meminta. Sutradara film Cek Toko Sebelah ini lantas terkenang sebuah artikel yang dibacanya.

Gue pernah baca interaksi yang dimunculkan oleh medsos, komentar, likes, dan segala macam itu memicu dopamine, yang sebenarnya kalau di neuroscientific katanya mirip efek menyenangkan yang kita dapat kalau mengonsumsi narkoba,” ujar sang komika.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ini Bukan Kata Gue...

“Ini bukan kata gue. Ini gue pernah baca artikelnya. Jadi kalau kita dapat likes, komentar, engagement-nya bagus, itu rasa senangnya tuh dopamine,” kata Ernest Prakasa lewat video yang diunggah di akun Instagram terverifikasinya.

Sineas peraih dua Piala Citra menyebut, otak mencari dopamine. Salah satunya dengan refleks tangan yang mengetuk logo Instagram di layar ponsel. Ernest Prakasa mengulas, pandemi Covid-19 membuat masyarakat terpaksa di rumah saja.

3 dari 5 halaman

Jari Langsung Ngetap

Ada kalanya bosan dan mati gaya menghampiri. Kalau sudah begini, mata biasanya melirik ponsel lalu tergoda membuka aplikasi medsos, salah satunya Instagram. Itu pula yang dialami Ernest Prakasa pada awal puasa Instagram.

“Kalau lagi enggak tahu mau ngapain nih, apalagi di masa-masa kayak begini, megang HP saja pasti jarinya langsung ngetap. Sekarang sudah enggak ada apa-apa, bersih sudah kosong, eh, enggak ada Instagram,” ayah dua anak ini menyambung.

4 dari 5 halaman

Kesimpulannya...

Lantas, apa yang dirasakan Ernest Prakasa setelah menyelesaikan puasa Instagram? Komika kelahiran Jakarta, 29 Januari 1982, membuat kesimpulan yakni tiap orang layak mencoba puasa Instagram.

“Kesimpulannya menurut gue, setiap orang saya pikir mesti mencoba puasa Instagram. Mencoba untuk merasakan: Oh begini toh hidup tanpa Instagram,” bintang film Rudy Habibie menyimpulkan. 

5 dari 5 halaman

Tenggelam Terlalu Dalam

“Kadang-kadang kita kayak tenggelam terlalu dalam. Sudah kayak zombi sih, kata paling tepat tuh zombi. Enggak sadar seram saja membayangkannya,” Ernest Prakasa mengakhiri.

Selama puasa Instagram, Ernest Prakasa mengalihkan perhatian dari ponsel ke gim. Di rumahnya, ada PlayStation baru yang bisa dieksplorasi. Rupanya, main gim tak kalah seru dari medsos.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.