Sukses

Big Hit Music Tegaskan Lagu Butter Milik BTS Tak Bermasalah soal Hak Cipta

Spekulasi ini mencuat setelah warganet menemukan kesamaan melodi antara lagu "Butter" milik BTS dan "You Got Me Down" dari Luca Debonaire.

Liputan6.com, Seoul - Spekulasi yang berkembang soal kemiripan lagu "Butter" milik BTS dengan "You Got Me Down" dari Luca Debonaire akhirnya dijawab secara resmi. Label yang menaungi sang superstar K-Pop, Big Hit Music, mengeluarkan bantahannya, Kamis (22/7/2021).

"Sudah dikonfirmasi bahwa tak ada masalah hak cipta terkait 'Butter.' Ini adalah lagu yang telah difinalisasikan dan dirilis setelah melalui konfirmasi dengan semua penulis lagu dan tak ada isu dengan lagu ini, dan juga tak ada isu soal hak cipta lagu ini," kata perwakilan agensi Jimin dkk.

Mereka menegaskan, meski ada isu mengenai hak cipta, hak terhadap musik masih melekat kepada Butter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kemiripan Melodi

Sekadar informasi, spekulasi ini mencuat setelah warganet menemukan kesamaan melodi antara kedua lagu ini. Di lagu "You Got Me Down", lirik dengan melodi ini berbunyi "You got me down to a tee. You know what my body needs, baby."

Sementara di "Butter", melodinya terletak di lirik "Side step right left to my beat. High like the moon rock with me baby."

3 dari 5 halaman

Satu Topline, Dua Lagu Berbeda

Luca Debonaire sendiri telah mengungkap lewat media sosial bahwa ia membeli topline Sebastian Garcia, yang merupakan salah satu komposer "Butter."

Hal inilah yang memicu pertanyaan mengenai kemungkinan masalah hak cipta, karena penggunaan topline di dua lagu berbeda.

4 dari 5 halaman

Gim Nintendo

Selain isu ini, ada bagian lain dari lagu "Butter" yang menimbulkan spekulasi publik. Melodi di awal lagu ini mirip dengan musik "Towering Catastrophe" dari gim Nintendo "Monster in My Pocket" yang rilis pada 1992.

Bahkan sebuah media mengutip pernyataan komposernya yang mengatakan bahwa kedua lagu "terdengar hampir sama, ini lebih dari sekadar sampling."

Namun sang komposer kemudian memublikasikan sebuah blog yang membantah pemberitaan ini. 

5 dari 5 halaman

Dianggap Kebetulan Belaka

"Aku melihat artikelnya menyebut bahwa aku mengatakan, 'Ini lebih dari sekadar sampling' tapi aku tidak mengatakan ini. Aku penasaran siapa sih yang ngomong ini, ha ha," kata sang komposer asal Jepang, diwartakan Allkpop. 

Ia menambahkan, "Aku tahu siapa BTS tapi tidak tahu lagu ini. Jadi saat aku membandingkan keduanya, kurasa memang ada kemiripan. Namun, menurutku kemiripan melodi ini hanya kebetulan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.