Sukses

BTS Digoyang Isu Plagiat Musik Gim Nintendo, Sang Komposer Jepang Justru Membela

Sang komposer juga memberikan penilaian soal kemiripan "Butter" milik BTS dengan musik yang ia ciptakan.

Liputan6.com, Tokyo - Sejak dirilis pada Mei 2021, Butter dari BTS langsung merebut perhatian publik. Video klipnya sudah ditonton 460 juta kali. Lagunya juga masih bertahan di 10 besar tangga lagu Hot 100 Billboard.

Namun beberapa waktu belakangan muncul isu tak sedap. Hal ini berawal saat sejumlah kalangan menyadari musik dalam lagu ini mirip dengan lagu dalam gim Nintendo jadul. Bahkan ada yang langsung menuding lagu idola K-Pop ini hasil menjiplak. 

Dilansir dari Allkpop, Kamis (22/7/2021) musik ini bertajuk "Towering Catastrophe" dari gim "Monster in My Pocket" yang rilis pada 1992.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kemiripan Melodi

Dari pengamatan Showbiz Liputan6.com, ada bagian dari melodi "Towering Catastrophe" yang memang sangat mirip dengan petikan "Butter."

Sebagai gambaran melodi yang dimaksud terdapat di lirik "Smooth like butter, like a criminal undercover."

3 dari 5 halaman

Masuk Artikel

Nah, sebuah artikel dari Wow! Korea dipublikasikan dengan mengutip pernyataan komposer "Towering Catastrophe." Dalam artikel itu dimuat pernyataan bahwa kedua lagu "terdengar hampir sama, ini lebih dari sekadar sampling."

Tak berapa lama setelah artikel ini dipublikasikan, sang komposer dari Jepang ini menulis blog dan memberikan klarifikasinya.

4 dari 5 halaman

Siapa yang Mengatakannya?

"Aku melihat artikelnya menyebut bahwa aku mengatakan, 'Ini lebih dari sekadar sampling' tapi aku tidak mengatakan ini," kata dia.

Ia menambahkan, "Aku penasaran siapa sih yang ngomong ini, ha ha."

5 dari 5 halaman

Hanya Kebetulan Belaka

Sang komposer juga memberikan penilaian soal kemiripan "Butter" dan musik yang ia ciptakan.

"Aku tahu siapa BTS tapi tidak tahu lagu ini. Jadi saat aku membandingkan keduanya, kurasa memang ada kemiripan. Namun, menurutku kemiripan melodi ini hanya kebetulan," tuturnya.

Tak ketinggalan, ia juga menjelaskan bahwa tak memegang lisensi atas lagu ini,. Pemiliknya adalah pengembang gim jadul ini, Konami. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.