Sukses

Swellow, Satu Lagi Band Indie Rock dari Bogor

Setelah sukses melahirkan Reid Voltus yang sempat harum namanya di pertengahan era 2000-an, ditambah lagi dengan Texpack dan Rrag, kini muncul nama baru yaitu Swellow, sebagai Indie Rock dari Bogor.

Liputan6.com, Jakarta Bogor tak pernah berhenti melahirkan musisi-musisi untuk skena indie rock. Setelah sukses melahirkan Reid Voltus yang sempat harum namanya di pertengahan era 2000-an, ditambah lagi dengan Texpack dan Rrag, kini muncul nama baru yaitu Swellow, sebagai gerbong lanjutan cerita manis ini.

Di tahun 2021, untuk cerita yang satu ini, sebenarnya mereka bukanlah sebuah unit musik yang baru, mengingat nama-nama di dalamnya adalah nama-nama yang juga sudah tidak asing lagi di Bogor. Idam yang juga sempat tergabung dalam Reid Voltus, kini dirinya kembali ke jalur indie-rock bersama dengan empat nama lainnya, dengan membawa nama Swellow.

Empat nama lainnya, adalah Bayu Azni (vokal, juga mengisi vokal di Diskoteq), Afnan Hissan (gitar, juga mengisi gitar di Texpack), Misbahuddin Nika (bass), dan Fadhil ‘Opay’ Naufal (drum). Tidak tanggung-tanggung, Swellow langsung menambah satu lagi cerita manis dari Bogor dan indie-rocknya dengan menghadirkan EP perdana mereka, Karet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

EP

EP tersebut resmi dirilis pada Minggu (23/5/2021) lalu, Karet melengkapi rangkaian dari hadirnya nomor-nomor eceran dari Swellow yang sudah lebih dahulu dilepas, sebut saja “Gargantua” dan “Sukar” di beberapa waktu ke belakang.

Nomor-nomor tersebut turut hadir di Karet menemani tiga nomor lainnya, yakni “Berita Harian”, “Asam”, dan “Pelintas”. Kelima nomor tersebut sejatinya merupakan nomor-nomor terpilih yang akhirnya Swellow putuskan untuk dihadirkan dalam bentuk EP.

 

3 dari 4 halaman

Lagu-Lagu Terpilih

Terpilih, karena sebenarnya Swellow sudah mempunyai beberapa materi yang sudah digarap sejak tahun 2019 lalu, dan bahkan sudah direkam, hingga akhirnya terpilihlah lima nomor yang sudah disebutkan tadi.

“Beberapa materi yang sudah direkam akhirnya pada tahun 2021 ini kita pilih kembali, menjadi pembukaan yang kiranya bisa merepresentasikan seperti apa wajah Swellow”, tutur Bayu melalui keterangan resmi yang diterima Liputan6.com baru-baru ini.

“EP Karet dari Swellow bisa dibilang sebenarnya adalah hasil sortiran dari beberapa materi yang sudah direkam. Adalah sebuah hasil rangkuman dari beberapa materi yang dianggap cukup mewakili sebuah karakter dari Swellow itu sendiri”, tambah Idam.

 

4 dari 4 halaman

Tersedia

Untuk urusan mixing dan mastering, Swellow menyerahkan semuanya kepada Deni ‘Denol’ Noviandi dari Bens Co. Studio, seorang teman baik yang juga sering membantu menggarap rilisan-rilisan dari Bogor. Selain hadir melalui Bandcamp dari Tromagnon Records, Swellow juga turut menghadirkan EP Karet dalam format kaset yang sudah bisa didapatkan melalui akun Instagram mereka. Pada tanggal 2 Juli 2021 Karet pun dapat dinikmati secara utuh di berbagai platform digital.

Kemudian di bulan Agustus, lewat kerja sama dengan label rekaman demajors, akan dirilis dalam format compact disc, dengan tambahan dua lagu eksklusif bertitel “Kalam” dan “Superstitious Night”, yang menampilkan Alvi Ifthikhar dari grup Gascoigne pada vokal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.