Sukses

Aktor dan Sutradara Robert Downey Sr Meninggal Dunia dalam Tidur

Kabar kematian Robert Downey Sr diumumkan sang anak, Robert Downey Jr, dalam sebuah unggahan di Instagram.

Liputan6.com, Los Angeles - Robert Downey Sr, sineas dan aktor yang juga merupakan ayahanda dari aktor Marvel Robert Downey Jr, meninggal dunia. Ia berpulang dalam usia 85 tahun.

Kabar dukacita diumumkan sendiri oleh sang pemeran Iron Man dalam unggahannya di Instagram, Kamis (8/7/2021).

"RIP Bob D. Sr. 1936-2021…," tulis Robert Downey Jr. Ia juga menyematkan sebuah foto masa lalu ayahnya yang bernuansa hitam putih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sakit Parkinson

Selanjutnya, di caption pria 56 tahun ini menjabarkan kondisi terakhir sang ayah sebelum mengembuskan napas terakhir.

"Kemarin malam, ayah meninggal dengan damai dalam tidurnya, setelah bertahun-tahun menahan ganasnya penyakit Parkinson," tulisnya.

Ia melanjutkan, "Ia adalah seorang sineas andal, dan terus bersikap optimistis..."

3 dari 5 halaman

Kirim Salam untuk Ibu Sambung

Robert Downey Jr juga menyatakan belasungkawa kepada ibu sambungnya.

"Menurut penghitungan ibu sambungku, mereka telah menikah lebih dari 2000 tahun. Rosemary Rogers-Downey, kamu adalah sosok sangat baik hati, doa dan pikiran kami selalu bersamamu," tulisnya.

4 dari 5 halaman

Sineas Indie Terkemuka

Dilansir dari BBC, Robert Downey Sr adalah sineas indie terkemuka di Amerika Serikat pada era 50 dan 60-an. Film yang ia hasilkan umumnya berbujet kecil, melawan arus budaya kala itu, dan juga memiliki humor yang tajam. 

Ia paling dikenal lewat karyanya yang bertajuk Putney Swope. Ini adalah satir terhadap dunia periklanan di Madison Avenue. Karya lainnya yang dikenal adalah Balls Bluff (1961), Babo (1964), dan Greaser's Palace (1972). 

 

 

5 dari 5 halaman

Berakting

Selain sebagai sutradara, ia juga berakting di depan kamera. Ia muncul dalam Boogie Nights, Magnolia dan To Live and Die in LA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.