Sukses

Sutradara Superman Richard Donner Meninggal Dunia, Kevin Feige hingga Steven Spielberg Berduka

Tidak disebutkan penyebab Richard Donner meninggal dunia. Ia berpulang di usia 91 tahun.

Liputan6.com, Los Angeles - Dunia perfilman Hollywood kehilangan Richard Donner, salah satu sutradara berpengaruh di industri ini. Diwartakan Variety, ia meninggal dunia pada Senin (5/7/2021).

Sutradara Lethal Weapon dan Superman ini berpulang di usia 91 tahun. Rumah produksi Richard Donner membenarkan kabar dukacita ini, tapi tak menyebutkan penyebab kematiannya.

Sejumlah tokoh besar Hollywood menyatakan dukacita atas kepergian Richard Donner. Steven Spielberg yang menulis cerita The Goonies, film yang diarahkan mendiang Donner, adalah salah satunya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Komando yang Kuat

"Dick memiliki komando yang kuat dalam film-filmnya, dan sangat berbakat dalam membuat banyak sekali genre," tutur Steven Spielberg dalam pernyataan kepada Variety.

Sutradara Jaws ini menambahkan, "Ia adalah seorang anak kecil. Dalam hatinya. Selalu. Aku tak percaya ia telah tiada, tapi suara tawanya yang serak dan lepas akan selalu ada bersamaku."

3 dari 5 halaman

Polisi Lalu Lintas

Bintang Lethal Weapon Mel Gibson juga mengungkap rasa dukacita.

"Donner! Sahabatku, mentorku. Banyak sekali yang kupelajari darinya. Ia menutupi bakat dan kehebatannya dengan rasa rendah hati yang begitu besar, menyebut dirinya sendiri 'hanya polisi lalu lintas'," tuturnya.

Bintang film Braveheart menambahkan, "Bila kita menumpuk hal baik yang ia lakukan, hasilnya akan sampai ke tempat tak diketahui di cakrawala. Aku akan sangat merindukannya, semua kecerdasan dan kebijaksanaanya."

4 dari 5 halaman

Ajaran yang Diterima Kevin Feige

President Marvel Studios Kevin Feige juga mengungkap rasa dukanya lewat akun Twitter resmi Marvel Studios. Mendiang Donner, yang ia sebut sebagai mentor, ternyata memiliki pengaruh besar kepadanya.

"Richard Donner tak hanya membuatku percaya seorang manusia bisa terbang, dia membuatku percaya bahwa karakter komik bisa dibawa ke layar lebar dengan memiliki hati, humor, rasa kemanusiaan, dan terlihat nyata," kata dia.

Mendiang juga mengajarkan kepadanya bahwa semua orang di depan atau belakang layar mesti diperlakukan penuh hormat.

5 dari 5 halaman

Perjalanan Karier

Richard Donner memiliki karier panjang sejak tahun 1960. Namanya mulai menjulang lewat The Omen (1976) yang dibintangi Gregory Peck. Setelahnya, ia membuat film Superman pertama dalam waralaba superhero ini yang dirilis 1978, dan ikut memproduksi Free Willy.

Pencapaian kariernya semakin mengilap setelah Lethal Weapon menjadi film yang meraup pendapatan miliaran dolar AS. Richard Donner juga termasuk dalam jajaran produser eksekutif untuk X-Men (2000) dan prekuelnya, X-Men Origins: Wolverine.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.