Sukses

5 Fakta tentang Tom Cruise yang Baru Ultah ke-59, Bisa Terbangkan Pesawat hingga Tahan Napas 6 Menit

Ada banyak hal menarik tentang Tom Cruise, yang baru saja berulang tahun ke-59.

Liputan6.com, Jakarta Aktor laga Hollywood Tom Cruise baru saja berulang tahun ke-59 pada 3 Juli 2021 lalu. Umur memang sudah menuju senja, tapi bintang The Mummy ini masih juga ngegas dalam sejumlah proyek filmnya. 

Lihat saja foto-foto syuting Mission: Impossible 7, yang memperlihatkan Tom Cruise melakoni sendiri sejumlah adegan berbahaya di film ini. Bahkan ia sempat menyelamatkan seorang juru kamera yang terjatuh saat kereta mulai berjalan. 

Berbicara tentang Tom Cruise, memang ada banyak sisi unik dari pria ini. Nah, mumpung masih suasana ultahnya, tak ada salahnya menyimak sejumlah fakta unik mengenai aktor legendaris ini. Yuk!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Nama Warisan dari Generasi ke Generasi

Tom Cruise sebenarnya adalah nama panggung yang digunakan aktor inidi dunia hiburan. Lantas, siapa nama aslinya? 

Diwartakan E! News, ia terlahir dengan nama Thomas Cruise Mapother IV, dan ayahnya yang merupakan engineer kelistrikan bernama Thomas Cruise Mapother III. Nama Thomas Cruise Mapother memang diwariskan dari generasi ke generasi, karena kakek dan kakek buyutnya juga punya nama sama.

3 dari 6 halaman

2. Anak Liar dan Disleksia

Tom Cruise mengatakan sejak kecil ia memang suka kegiatan fisik, yang bahkan nyerempet bahaya, seperti melompat dari tempat tinggi, atau ngebut dengan sepedanya. 

Di sekolah, ia dikenal sebagai atlet berbakat, sementara di kelas, ia tertinggal. Bukan karena bodoh, tapi ia memiliki disleksia, atau gangguan yang menyebabkan dirinya sulit membaca. Padahal, ia mengaku senang belajar.

"Energiku ke mana-mana. Membaca bukan menjadi prioritasku, karena aku sangat lama menyelesaikannya," kata dia dalam majalah Interview tahun 1986.

 

4 dari 6 halaman

3. Peran Vampir yang Bikin Penulis Geram

Salah satu peran ikonis Tom Cruise di luar genre laga, adalah Lestat sang vampir di Interview with the Vampire. Namun penulis novel aslinya, Ann Rice, marah besar dan tak merestui peran ini jatuh ke tangan Tom Cruise. Tapi sang sutradara, Neil Jordan, bertahan dengan pilihan ini.

Apalagi ia melihat upaya keras Tom Cruise untuk menyelami karakter ini. Contohnya, Tom Cruise membaca literatur klasik keras-keras dan menurunkan berat badan lebih dari 8 kilogram demi peran si vampir Lestat. 

5 dari 6 halaman

4. Kursus Kilat Helikopter

Tom Cruise adalah aktor yang memegang lisensi untuk menerbangkan pesawat. Dan untuk Mission: Impossible - Fallout, ia bahkan mendapatkan sertifikasi menerbangkan helikopter. 

Sutradara Christopher McQuarrie mengatakan normalnya sertifikat ini didapat dalam tiga bulan. Namun Tom Cruise berlatih 16 jam sehari, hingga sertifikat ini didapat hanya dalam enam minggu saja. 

 

6 dari 6 halaman

5. Tahan Napas 6 Menit

Beragam adegan berbahaya dilakoni Tom Cruise sepanjang waralaba Mission: Impossible, mulai dari memanjat tebing, Burj Khalifa, hingga melompat dari satu gedung ke gedung lain. Sebuah stunt berbeda dilakukan ayah Suri Cruise ini dalam Mission: Impossible—Rogue Nation. Ia harus menyelam dalam waktu lama, dan menahan napas. 

Hal ini sempat ia ceritakan dalam The Graham Norton Show pada 2016. "Enam setengah menit," kata Tom Cruise, mengungkap rekor tahan napasnya, seperti terlihat dalam unggahan video di kanal YouTube BBC. 

Ia kemudian menjelaskan bahwa pengambilan gambar ini dilakukan dalam satu shot yang tak terputus. "Ada penyelam bebas yang melatihku. Rasanya memang tak menyenangkan. Kamu melatih sistem tubuhmu untuk mengontrol pernapasan," kata dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.