Sukses

Bill Cosby Bebas Setelah Vonis Bui Dicabut, Tampilkan Pose Kemenangan di Depan Rumah

Bill Cosby juga langsung mencuit lewat akun Twitter-nya.

Liputan6.com, Pennsylvania - Bill Cosby akhirnya menghirup udara bebas. Keputusan pembebasan aktor dan komedian veteran ini diambil oleh Pengadilan Tertinggi Pennsylvania.

Pria yang didakwa atas kasus kekerasan seksual ini telah menjalani dua tahun lebih dari vonis 3 hingga 10 tahun penjara yang dijatuhkan kepadanya.

Dilansir dari CNN, Kamis (1/7/2021), hakim menyebut ada banyak pelanggaran saat Bill Cosby didakwa dan menjalani proses hukum.

Ini terjadi karena jaksa yang sebelumnya, menolak untuk menuntut Bill Cosby demi bisa membuat pria 83 tahun ini melakukan deposisi sipil, yang pada akhirnya digunakan untuk melawan sang aktor dalam pengadilan pidana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pose Kemenangan

Momen saat Bill Cosby dilepas dari penjara, ditangkap oleh sejumlah fotografer. Ia terlihat semringah, dan sempat memperlihatkan pose jari membentuk huruf V, atau victory alias kemenangan.

Ia juga berpelukan dengan tim kuasa hukum dan keluarga di depan rumahnya.

3 dari 5 halaman

Tetap Sebut Diri Tak Bersalah

Tak lama kemudian ia mengeluarkan cuitan di akun Twitter-nya.

"Aku tak pernah mengubah posisi atau ceritaku. Aku selalu menyatakan diriku tak bersalah. Terima kasih kepada semua penggemar, suporter, dan teman yang berdiri bersamaku dalam seluruh proses ini. Terima kasih yang istimewa untuk Mahkamah Agung Pennsylvania yang telah menegakkan hukum," tulisnya.

4 dari 5 halaman

Kecewa

Sementara Andrea Constand, wanita yang menjadi korban dalam kasus kekerasan seksual ini menyatakan kekecewaan yang mendalam.

"Hari ini, keputusan terkait Bill Cosby tak hanya mengecewakan, tapi juga mengkhawatirkan karena bisa melemahkan mereka yang tengah mencari keadilan atas kekerasan seksual dalam sistem peradilan pidana," tuturnya.

 

5 dari 5 halaman

Kasus Kekerasan

Bill Cosby didakwa atas tiga kasus kekerasan seksual pada 2018. Hal ini berawal saat Andrea Constand menyebut bahwa Bill membius dan melecehkannya di rumah sang aktor pada 2004.

Dalam masa persidangan, selain Constand ada lima wanita lain yang bersaksi di pengadilan bahwa Bill Cosby memiliki kebiasaan tersebut. Lebih dari 60 wanita juga membuat tuduhan serupa, tapi dibantah oleh sang aktor dan tim kuasa hukum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.