Serial Musikal Nurbaya, Satukan Film dengan Teater

Oleh Zulfa Ayu Sundari pada 28 Jun 2021, 17:30 WIB
Diperbarui 28 Jun 2021, 18:59 WIB
Arawinda Kirana
Perbesar
[Foto: Instagram indonesia_kaya]

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Kaya mempersembahkan serial musikal Nurbaya dengan jumlah 6 episode. Cerita ini terinspirasi dari novel Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli.

Naya Anindita selaku sutradara mengungkap tantangan menggarap serial ini. Menurutnya, kesulitannya adalah menggabungkan unsur film dan teater.

"Menyatukan film dan teater, kayaknya belum ada di Indonesia yang menyatukan ini jadi sebuah tayangan series," kata Naya Anindita dalam konferensi pers secara virtual yang dilangsungkan pada Senin (28/6/2021).

"Kalau kita bicara film kan kita juga bicara soal hal detail yang nggak ada di teater. Jadi duskusi juga gimana menyatukan unsur film dan teater," dia menyambung pernyataan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pembuatan Naskah

3 Aktor Utama Pemeran Serial Musikal Terinspirasi Novel Siti Nurbaya, Siapa Mereka?
Perbesar
Proses latihan dan audisi para calon pemeran serial musikal Nurbaya. (dok. Indonesia Kaya)

Naskah cerita ini ditulis Chriskevin Adefrid yang bekerja sama dengan Latifah Maurinta, Veronica Gabriella, Ilya Aktop. Ada tantangan besar yang dihadapi dalam proses penulisan, salah satunya membuat cerita lebih relatable dengan masa kini.

"Akhirnya gimana adaptasi ini bisa relatable pada audiens kita. Akhirnya diambil suaru keputusan kita membuat karya terinspirasi dari novel ini, apa aja yang diskip. Jadi proses penulisan melewati tiga fase," tutur Chriskevin dalam kesempatan yang sama.

"Pertama kita mengambil unsur utama seperti premis, karakterisasi, itu yang kita keep dan akhirnya masuk di universe baru. Dari universe ini barulah kita adaptasi ke fase tiga yaitu skrip, karena medianya kan ada hibrid antara teater dan film," sambungnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Nurbaya

Melihat Latihan Pemeran Serial Musikal Nurbaya
Perbesar
Pemeran terpilih mengikuti latihan serial musikal yang diadaptasi dari novel Siti Nurbaya: Kasih Tak Sampai di Jakarta, Jumat (29/05/2021). Naskah cerita ini ditulis Chriskevin Adefrid (TEMAN) bekerja sama dengan Latifah Maurinta, Veronica Gabriella, Ilya Aktob A M. (Liputan6.com/Pool)

Siti Nurbaya yang merupakan tokoh utama perempuan dalam serial musikal ini akan diperankan oleh Arawinda Kirana, seorang aktris muda yang telah memenangkan nominasi Aktris Pendatang Baru Terpilih dalam Piala Maya 2020.

Samsul Bahri akan diperankan oleh Bukie Mansyur, seorang penyiar radio, DJ dan produser yang telah menuangkan minatnya pada dunia teater melalui komunitas teater musikal di kampusnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tuan Maringgih

Sedangkan tokoh antagonis Tuan Maringgih (di novel Datuk Maringgih) ini akan diperankan dengan apik oleh Bima Zeno Pooroe yang telah aktif berkiprah di dunia seni pertunjukan sebagai penyanyi dan pemain teater musikal sejak tahun 2010 lalu. Ketiganya telah menjalani latihan membawakan karakter dengan interpretasi mereka masing-masing.

Serial ini akan tayang perdana pada Kamis, 1 Juli 2021 pukul 19.00 di kanal YouTube IndonesiaKaya dan akan diunggah satu episode setiap minggunya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya