Sukses

Autoimun, Cantika Abigail Alami Gatal di Seluruh Tubuhnya

Cantika Abigail alami gatal di seluruh tubuh sebelum didiagnosis autoimun.

 Cantika Abigail, salah satu personel grup vokal GAC, didiagnosis mengidap penyakit autoimun. Awalnya, wanita 27 tahun itu mengalami gatal-gatal seluruh tubuhnya pada tahun 2011. Gatal tersebut, kata Abigail, baru terasa saat malam hari dan terus berkelanjutan sehingga menjadi luka.

Liputan6.com, Jakarta Khawatir dengan yang dialami, akhinya cucu Rina Hasyim itu memeriksakannya ke dokter. Namun, saat itu ia hanya dinyatakan alergi. 

"Awal-awal malah sempat salah diagnosis gitu. Gue dibilangnya cuma alergi tungau karpet," ucap Cantika Abigail, dikutip dari kanal YouTube Enzy Storia, Kamis (24/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Semakin Parah

Saat itu Cantika Abigail percaya dengan diagnosis tersebut dan mengkonsumsi obat yang diberikan dokter. Namun, bukannya membaik kondisi kulitnya malah semakin parah.

"Dikasihlah obat buat alergi tungau, tapi kok enggak sembuh, malah kayak nyebar, mulai ke jidat, ke bawah mata," ujar Cantika.

3 dari 4 halaman

Didiagnosis Autoimun

Cantika Abigail mencoba memeriksakan kondisinya ke dokter lain namun tetap dinyatakan alergi. Setelah periksa kembali ke dokter berikutnya, barulah ia dinyatakan autoimun psoriasis.

"Sampai dokter ketiga baru, 'Lho ini kamu kena psoriasis'," ujar Cantika

4 dari 4 halaman

Down

Mental Cantika Abigail sempat terguncang mendengar penjelasan sang dokter. Apalagi belum ada obat untuk penyakit yang dialaminya.

"Di situ gue down banget sih. Walaupun udah dikasih obat segala macam, tapi tetap aja jadi beban pikiran kan, 'Gila ini beneran enggak bisa sembuh?'

Terus dibilang ada beberapa yang bisa turun ke anak," kata Cantika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.