Sukses

Cerita Pekan Ini: Potret BTS dari Zaman Piyik hingga Jadi Superstar K-Pop, Bikin ARMY Gemes

Sejak awal berkarier di industri musik K-Pop, BTS telah menarik perhatian publik.

Liputan6.com, Seoul - Juni jadi bulan yang penuh makna bagi para anggota BTS dan ARMY, sebutan bagi penggemar grup ini. Delapan tahun lalu, tepatnya tanggal 12 Juni 2013, RM dkk merilis lagu debut mereka, "No More Dream."

Sejak awal berkarier di industri musik K-Pop, mereka telah menarik perhatian publik. Namun kesuksesan besar yang mereka raih tak terjadi secara serta merta. Semua mereka lalui dengan menumpahkan darah, keringat, dan air mata.

Namun pengorbanan mereka tak sia-sia. Kini, bahkan orang-orang yang bukan penggemar K-Pop tahu siapa BTS dan warna ungu yang identik dengan mereka.

Nah, memasuki tahun kedelapan BTS, tak ada salahnya kan bila kita melakukan kilas balik perjalanan grup ini dalam sejumlah potret masa lalu, sejak debut hingga sekarang

Para idola K-Pop yang baru menetas, pasti mendambakan penghargaan Rookie Terbaik. BTS meraihnya dalam sejumlah ajang penghargaan, salah satunya di Melon Music Awards 2013. 

Ultah debut BTS diistilahkan sebagai Festa, dan BTS selalu merilis foto grup untuk momen spesial ini. Foto ini, adalah dari Festa pertama tahun 2014. 

Tak hanya foto resmi, Big Hit juga kerap merilis foto-foto di balik layar pemotretan Festa. Seperti yang satu ini, contohnya. 

Memasuki tahun 2016, BTS makin unjuk gigi di jagat musik Korea Selatan. Pada tahun tersebut, mereka menelurkan hits demi hits seperti "Fire" dan ""Blood Sweat & Tears."

Sejak debut, BTS selalu tampil di Idol Star Athletic Championships, bahkan langganan juara. Mereka terakhir kali tampil pada 2017, dan belum kembali berlaga di ajang olahraga ini. 

Billboard mencatat pada 2016 untuk pertama kalinya BTS menduduki peringkat pertama Social Chart. Setahun berikutnya, J-Hope dkk meraih Top Social Artist di Billboard Music Awards dan pada 2018, giliran mereka manggung perdana di ajang ini. 

Memasuki 2019, BTS makin tak terbendung. Mereka tampil untuk pertama kalinya di Grammy Awards. Dua tahun kemudian, mereka dinominasikan dalam ajang ini di kategori Best Pop Duo/Group Performance.

Pencapaian BTS yang membanggakan tak hanya terjadi di bidang musik. Mereka beberapa kali berbicara di Sidang Umum PBB dan juga hadir di acara kenegaraan. Salah satunya berpidato pada Hari Pemuda pertama tahun 2020 di Gedung Biru, Seoul, di depan Presiden Moon Jae In. 

Terakhir, adalah unggahan terbaru dari akun Twitter resmi mereka, saat artikel ini ditulis. Cuitan yang menyertai foto ini, menggambarkan bahwa pengaruh BTS sudah mendapat pengakuan dari industri fashion kelas dunia. Twitnya berbunyi, "@BTS_twt menerima undangan untuk menyaksikan peragaan #LouisVuitton berikutnya dari @VirgilAbloh."

Bravo, BTS! Kita tunggu transformasi apa lagi yang akan mereka lakukan pada masa mendatang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.