Sukses

Dikta Hobi Menyelam Bebas, Sebut 6 Daerah di Indonesia Ini Surga Bagi Para Penyelam

Vokalis Yovie and Nuno, Pradikta Wicaksono alias Dikta berbagi pengalaman soal menyelam bebas.

Liputan6.com, Jakarta Pradikta Wicaksono alias Dikta rupanya hobi menyelam maupun menyelam bebas. Kepada Showbiz Liputan6.com, ia menjelaskan makna menyelam bebas dan mengapa itu memberinya kesenangan.

Menyelam bebas itu pure badan kita, enggak pakai tools apa-apa. Murni menahan napas tanpa bantuan alat apapun. Terdalam itu kalau enggak salah 200 meter, ada yang sampai 135 meter. Tapi kalau saya baru 35 meter,” ujarnya dalam interviu virtual, Rabu (16/6/2021).

Untuk bisa menyelam bebas sedalam itu, dibutuhkan kursus atau pelatihan. Awam menilai, menyelam bebas hanya bisa dilakukan oleh superhuman. Vokalis Yovie and Nuno tak sependapat dengan asumsi itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tahan Napas 4,5 Menit

“Mereka berpikir: Kok bisa sih menahan napas selama lima menit? Banyak yang tanya ke saya: Kok, bisa sih Dikta tahan napas sampai 4,5 menit. Itu sebenarnya ada tekniknya,” ia berbagi cerita.

Teknik pernapasan dalam menyelam bebas bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari dan diterapkan di cabang olahraga lain. Fungsinya beragam. Salah satunya, untuk menenangkan detak jantung.

3 dari 5 halaman

Indahnya Laut Indonesia

Pelantun “Dia Milikku” dan “Janji Suci” menyebut tak perlu keluar negeri untuk menyelam bebas. Faktanya, Indonesia kaya akan perairan seindah surga. Itu sebabnya banyak penyelam luar negeri bertandang ke Nusantara.

“Laut Indonesia itu enggak ada yang mengalahkan jika dibandingkan luar negeri. Di sini tuh surga banget. Makanya banyak turis luar negeri yang ke sini. Saya suka Banda Naira, Labuan Baju, Menjangan Bali, Derawan, Wakatobi, dan Manado,” paparnya panjang.

 

4 dari 5 halaman

Dikta Menyampaikan

Dikta menyampaikan ini saat menghadiri Konferensi Pers Virtual Kolaborasi Traveloka dan Citilink Dukung Pemulihan Pariwisata Domestik Lewat #PromoTengahTahun. Promo ini menawarkan harga khusus untuk regular zone selection dengan potongan hingga 20 persen.

“Ini untuk periode booking dari 16 hingga 27 Juni 2021 dengan rute keberangkatan dari Jakarta (CGK), Medan (KNO), Yogyakarta (YIA), Surabaya (SUB) atau Makassar (UPG) ke seluruh destinasi domestik,” kata Director of Transport Traveloka, Iko Putera. 

5 dari 5 halaman

Capai Kedalaman Tertentu

Chief Commercial Officer PT Citilink Indonesia, Benny Rustanto, menyebut Citilink mendukung pariwisata lewat sport tourism. “Karenanya, kami merilis CitiSport membership. Diharapkan ini bisa mendongkrak pariwisata domestik dan mendorong masyarakat hidup sehat,” urainya.

Dikta menyambut hangat program ini. Olahraga, termasuk menyelam, memberi kenikmatan tersendiri. “Kenikmatannya, saat mencapai kedalaman tertentu akan terasa perbedaan tekanan, atmosfer, cahaya, dan pemandangan yang menakjubkan,” ia menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.