Sukses

Ashanty Akui Penyebab Dirinya Terkena Batu Ginjal karena Sering Menahan Buang Air Kecil

Ashanty didiagnosa memiliki batu ginjal.

Liputan6.com, Jakarta Ashanty beberapa waktu lalu mengumumkan kabar kurang baik. Saat ia berada di Turki bersama Anang Hermansyah untuk menjalani medical check up terkait penyakit autoimun yang diidapnya, dokter mengungkap fakta lain.

Rupanya, Ashanty pun didiagnosa memiliki batu ginjal. Selama ini, Ashanty mengaku tak pernah merasakan gejala apapun akibat dari penyakitnya tersebut.

Malahan, ibu sambung Aurel Hermansyah itu juga menyatakan tidak merasakan sakit sama sekali. Oleh karenanya, ia tidak menyangka bahwa ada batu ginjal di dalam tubuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Ada Pembengkakan

"Pas sampai sana (Turki) ternyata ada batu ginjal. Aku nggak ngerasa sakit dan tidak ada pembengkakan," ungkap Ashanty saat ditermui beberapa waktu lalu. 

 

3 dari 4 halaman

Penyebab

Lebih lanjut, Ashanty menduga batu ginjal yang ada itu disebabkan oleh kebiasaannya menahan buang air kecil untuk waktu yang lama. Ashanty kemudian mengimbau masyarakat untuk tidak menahan buang air kecil.

"Aku tuh tipe orang yang suka nahan pipis. Jadi buat kalian jangan deh, bahaya banget ternyata. Mungkin aku suka nahan pipis gitu jadinya mungkin ada batu ginjal ini," ujarnya lagi.

 

4 dari 4 halaman

Upaya

Sementara ini hingga 6 bulan ke depan, Ashanty disarankan untuk banyak mengonsumi air putih, diharapkan hal ini bisa membuat mengobati sakitnya itu, Namun jika dalam waktu 6 bulan itu tidak ada perubahan, maka batu ginjal itu harus diangkat melalui tindakan medis.

"Jadi enam bulan dibiarkan, aku minum air tiga liter per hari sampai enam bulan, kalau semakin membengkak akan diambil. Kalau nggak dia akan keluar dengan sendirinya. Disuruh minum air putih yang banyak, nggak nahan pipis, sama nggak nahan ke toilet, Insya Allah sembuh," tutup Ashanty.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.