Sukses

Adegan Loki Bajak Pesawat Ternyata Diambil dari Kejadian Nyata

Salah satu adegan dalam serial Loki diangkat dari kisah nyata.

Liputan6.com, Jakarta Serial Loki episode pertama yang rilis pada Rabu (12/6/2021) lalu memiliki satu adegan menarik, yakni ketika Loki membajak sebuah pesawat lalu terjun dengan sekantong uang.

Adegan tersebut merupakan kilas balik yang menggambarkan kembali momen sebelum film Thor. Disebutkan oleh Loki bahwa saat itu ia baru saja kalah taruhan dari Thor saat mereka masih muda.

Namun bagi yang belum tahu, ternyata adegan tersebut diangkat dari kisah nyata. Sosok Loki di situ rupanya merupakan penggambaran tokoh nyata bernama D.B. Cooper.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kasus Tahun 1971

Melansir dari berbagai sumber, D.B. Cooper merupakan seorang pria yang melakukan pembajakan terhadap pesawat dari Portland, Oregon ke Seattle, Washington, AS, pada 24 November 1971.

Dalam berbagai laporan, Cooper digambarkan memiliki rambut pendek, berkacamata hitam, serta mengenakan jas. Persis seperti tampilan Tom Hiddleston di episode perdana Loki.

3 dari 5 halaman

Pesan Ancaman Bom

Seperti digambarkan dalam serial Loki, D.B. Cooper juga menuliskan pesan berisi ancaman bom yang kemudian dibaca oleh pramugari. Cooper meminta uang sebesar US$200 dalam pecahan US$20 yang kemudian dipenuhi.

Cooper mengancam akan meledakkan bom yang ia sebuat ada di dalam kopernya jika permintaan tak dipenuhi. Ia pun meminta agar pesawat mendarat terlebih dahulu agar pihak makapai mengambilkan uangnya.

Cooper juga meminta bensin pesawat diisi penuh, semua penumpang diturunkan di bandara, disiapkan empat parasut. Sejumlah staf pesawat pun diminta menemani Cooper untuk terbang ke Mexico City.

 

4 dari 5 halaman

Terjun Payung dan Hilang

Di tengah perjalanan ke tempat tujuan, Cooper malah melakukan aksi terjun payung dan dinyatakan menghilang hingga hari ini.

Namun lucunya dalam serial Loki, Loki yang bertindak sebagai Cooper digambarkan hilang lantaran ia meminta Heimdall dan Thor untuk menurunkan bifrost kepadanya agar ia bisa kembali ke Asgard.

5 dari 5 halaman

Masih Jadi Misteri

Kasus D.B. Cooper hingga hari ini masih menjadi misteri. Namun diketahui, pihak FBI sejak 2016 menutup sementara kasus ini agar pihak aparat setempat lebih berfokus pada kasus-kasus lain yang lebih prioritas.

Kembali ke serial Loki, rencananya Marvel Studios dan Disney+ akan menayangkannya sebanyak enam episode setiap hari Rabu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.