Sukses

Begini Hasil Pemeriksaan Sakit Autoimun Ashanty di Turki

Bagaimana kondisi autoimun yang diderita Ashanty?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa bulan terakhir, Ashanty mengeluhkan ruam merah di tubuhnya yang diduga berkaitan dengan sakit autoimun yang diderita. Akhirnya istri Anang Hermansyah ini memutuskan untuk berobat ke Turki.

Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata autoimunnya sedang tidak bermasalah. Namun ibunda Arsy Hermansyah ini memiliki alergi yang belum diketahui penyebabnya.

"Alerginya harus cek ulang enam bulan lagi karena kemarin kalau cek autoimun, autoimunnya sedang tidak bermasalah. Lagi enggak bereaksi, lagi stabil. Cuma masalahnya aku punya alergi yang tidak tahu dari apa," ucapnya dalam YouTube The Hermansyah A6, Minggu (6/6/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alergi Makanan?

Setelah dilakukan tes alergi pada makanan, hasilnya baik-baik saja. Dia tak memiliki alergi terhadap jenis makanan tertentu.

"Dicek alergi makanan dari A sampai Z enggak ada, makanan aman semuanya. Kemungkinan dari pikiran atau udara. Nah, itu kan enggak ada pemeriksaannya, tuh," paparnya.

3 dari 4 halaman

Autoimun

Namun alergi yang dialaminya memang tak lepas dari autoimun yang ia derita.

"Ya, karena aku punya autoimun jadi alerginya ini lebih lama untuk pengobatannya. Tapi bukan autoimun yang lagi kambuh, tapi alergi yang disebabkan oleh autoimun," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Sulit Dipantau

Enam bulan ke depan ia diminta untuk kembali lagi ke rumah skait yang sama untuk pemeriksaan lanjutan.

"Nah alergi penyebabnya apa belum ketahuan, karena tadi dicek dari A sampai Z enggak ada alergi makanan. Nah, alergi debu, wewangian atau apa bisa dicek kalau kita lagi pikiran, kedinginan atau kepanasan. Itu hal yang tidak bisa dipantau," ia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.