Begini Hasil Pemeriksaan Sakit Autoimun Ashanty di Turki

Oleh Zulfa Ayu Sundari pada 07 Jun 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 07 Jun 2021, 13:00 WIB
Ashanty
Perbesar
[Foto: Instagram Ashanty/ ashanty_ash]

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa bulan terakhir, Ashanty mengeluhkan ruam merah di tubuhnya yang diduga berkaitan dengan sakit autoimun yang diderita. Akhirnya istri Anang Hermansyah ini memutuskan untuk berobat ke Turki.

Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata autoimunnya sedang tidak bermasalah. Namun ibunda Arsy Hermansyah ini memiliki alergi yang belum diketahui penyebabnya.

"Alerginya harus cek ulang enam bulan lagi karena kemarin kalau cek autoimun, autoimunnya sedang tidak bermasalah. Lagi enggak bereaksi, lagi stabil. Cuma masalahnya aku punya alergi yang tidak tahu dari apa," ucapnya dalam YouTube The Hermansyah A6, Minggu (6/6/2021).

 

Alergi Makanan?

[Fimela] Ashanty dan Anang Hermansyah
Perbesar
Ashanty dan Anang Hermansyah menginap di hotel bintang 7 (Youtube/The Hermansyah A6)

Setelah dilakukan tes alergi pada makanan, hasilnya baik-baik saja. Dia tak memiliki alergi terhadap jenis makanan tertentu.

"Dicek alergi makanan dari A sampai Z enggak ada, makanan aman semuanya. Kemungkinan dari pikiran atau udara. Nah, itu kan enggak ada pemeriksaannya, tuh," paparnya.

Autoimun

Ashanty mengidap penyakit autoimun dan menyebabkan rambut rontok
Perbesar
Ashanty mengidap penyakit autoimun dan menyebabkan rambut rontok

Namun alergi yang dialaminya memang tak lepas dari autoimun yang ia derita.

"Ya, karena aku punya autoimun jadi alerginya ini lebih lama untuk pengobatannya. Tapi bukan autoimun yang lagi kambuh, tapi alergi yang disebabkan oleh autoimun," tuturnya.

Sulit Dipantau

Enam bulan ke depan ia diminta untuk kembali lagi ke rumah skait yang sama untuk pemeriksaan lanjutan.

"Nah alergi penyebabnya apa belum ketahuan, karena tadi dicek dari A sampai Z enggak ada alergi makanan. Nah, alergi debu, wewangian atau apa bisa dicek kalau kita lagi pikiran, kedinginan atau kepanasan. Itu hal yang tidak bisa dipantau," ia mengakhiri.

Lanjutkan Membaca ↓