Selain Autoimun, Ashanty Ungkap Ada Penyakit Lain yang Bersarang di Tubuhnya

Oleh Zulfa Ayu Sundari pada 07 Jun 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 07 Jun 2021, 11:00 WIB
Ashanty. (Foto: Instagram @ashanty_ash)
Perbesar
Ashanty. (Foto: Instagram @ashanty_ash)

Liputan6.com, Jakarta - Ashanty berobat ke salah satu rumah sakit di Turki akibat autoimun yang dideritanya. Dari hasil pemeriksaan menyeluruh, rupanya istri Anang Hermansyah ini mengidap penyakit lain.

Ibu tiri Aurel Hermansyah mengatakan bahwa ternyata ada penyakit batu ginjal dalam tubuhnya. Tentu hal ini sempat membuat Ashanty terkejut.

"Hasilnya bahwa aku ada batu ginjal sudah lumayan besar, tapi enggak perlu diambil. Aku baru tahu nih ada batu ginjal," ujar pelantun lagu Cinta Tanpa Syarat, dalam YouTube The Hermansyah A6, Minggu (6/6/2021).

Kendati demikian, dokter memang tak langsung mengambil tindakan operasi. Ashanty disarankan melakukan upaya lain untuk menyembuhkan batu ginjalnya.

Kenapa Tak Dioperasi?

[Fimela] Anang Hermansyah dan Ashanty
Perbesar
Anang Hermansyah dan Ashanty di Turki (Youtube/The Hermansyah A6)

"Tapi dibiarkan dulu enam bulan, nanti selama enam bulan aku minum air putih terus sampai aku balik lagi. Kalau dilihat memang gede baru diambil, kalau enggak pasti hilang asal minum air putih 3 liter sehari," jelasnya.

"Kenapa enggak diambil? Karena aku enggak merasakan sakit, kecuali aku merasakan sakit baru itu harus diambil. Tapi selama enggak jangan diambil karena tidak mengganggu. Mudah-mudahan dengan minum air 3 liter sehari akan lama-lama pecah," Ashanty menambahkan.

Hormon Tak Seimbang

[Fimela] Ashanty dan Anang Hermansyah
Perbesar
Ashanty dan Anang Hermansyah menginap di hotel bintang 7 (Youtube/The Hermansyah A6)

Selain batu ginjal, Ashanty juga mengalami ketidakseimbangan hormon. Itu karena alat kontrasepsi yang digunakannya selama beberapa tahun terakhir.

"Satu lagi, hormonku tidak stabil, ada inbalance hormone, kenapa? Karena spiral aku ini, ada hormon di dalamnya, aku selama 4 tahun pakai aman-aman saja, ada sebagian orang cocok banget, ada yang kayak aku menyebabkan hormon jadi tidak seimbang. Jadi satu-satunya cara harus diambil," tuturnya.

Hasil Lainnya

Sementara pemeriksaan lainnya menunjukkan hasil baik. Ashanty sangat mensyukuri hal ini.

"Tapi alhamdulillah, kolesterol, diabetes, darah tinggi, asam urat, semua tidak ada alhamdulillah. Cuma memang kekurangan zat besi tapi tidak terlalu signifikan. Cuma masalah memang autoimun, terus sekarang batu ginjal," tutupnya.

Lanjutkan Membaca ↓