Sukses

Dikelola Empat Milenial, Cabang ke-10 Kedai Mak Ciak Dapat Dukungan dari Chelsea Islan

Terpampang puluhan bunga ucapan selamat dari sejumlah nama besar di pintu masuk Kedai Mak Ciak milik Afrizal.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah makan Padang Kadai Mak Ciak milik Afrizal berkembang makin subur sejak berdiri pada 2015. Banyak ulasan positif dari para Youtuber dan wartawan hingga memiliki julukan Masakan Padang Terlezat di Jakarta.

Kadai Mak Ciak kini telah berkembang menjadi 10 Cabang yang tersebar di berbagai wilayah Jakarta. Cabang ke-10 diluncurkan pada 2 Juni 2021, berlokasi di Menara Mandiri dan cukup meriah pada hari pembukaan.

Terpampang puluhan bunga ucapan selamat dari sejumlah nama besar di pintu masuknya. Mulai dari Menparekraf Sandiaga Salahudddin Uno, artis Chelsea Islan, tokoh pengusaha Bukti Pandjaitan, dan masih banyak lagi.

“Untuk pembukaaan hari ini, kami menyiapkan 600 porsi makan gratis. Dan habis sepanjang waktu jam makan siang,” ungkap Emyr Ramadhan, salah satu pengelola Mak Ciak Menara Mandiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ditangani Empat Cowok Milenial

Selain Emyr, ada tiga rekan milenial lainnya yang ikut berinvestasi di sini. Mereka adalah Felix Natama, Muhammad Hilman, dan Risky Ramadhany. Keempat milenial ini mengaku baru sekali ini terjun berbinis Food and Beverage.

“Saya, Emyr dan Hilman telah bersahabat sejak SD. Sejak dahulu, kami punya impian bikin usaha bersama. Secara kebetulan dua bulan terakhir, kami sering ketemu Risky, dan terpikirlah menjalin kerjasama dengan Mak Ciak!” ungkap Felix.

Soal kenapa tertarik menjadi reseller makanan Padang, menurut Felix mungkin jawabannya terdengar simpel.

“Karena masakan Padang bisa diterima di mana-mana oleh semua kalangan. Lidah orang Indonesia cocok dengan masakan Padang,” lanjutnya.

Lebih pasti lagi, menurut Muhammad Hilman, “Kami sangat mengenal cita rasa Mak Ciak yang enak, karena sering nongkrong di kedai pertama Mak Ciak di Kalibata City!”

Felix dan kawan kawan yang melakukan investasi ini secara patungan, mengelak untuk menyebut berapa nilai rupiah yang telah mereka tanamkan.

“Itu sih rahasia!” kata Emyr tergelak.

Mereka optimis, investasi yang dijalankan di tengah masa Pandemi Covid 19 ini, bisa berkah dan membawa sukses.

 

3 dari 5 halaman

Padang Otentik

Sebagai pemilik Jenama dan lisensi “Mak Ciak”, Afrizal menyebut restorannya terkenal karena rasanya yang otentik. Namun tidak pedas, tidak manis dan selalu disajikan fresh setiap hari. Afrizal mengaku, memang kebanyakan menu masakan Padang ada kebiasaan untuk menghangatkan makanan.

“Namun prinsip kami dalam berdagang tidak begitu. Justru makanan yang dihangatkan akan berubah warna dan rasa. Karenanya, kami menyiapkan makanan yang selalu fresh setiap hari. Kalau ada makanan yang tersisa di hari ini, lebih baik kita berikan kepada panti asuhan,” ujar Afrizal.

 

4 dari 5 halaman

Lebih Jor-Joran

Ketika disinggung soal kapan waktu tempat untuk bisa break event point, Emyr yang berprofesi sebagai banker menyebut, “Mungkin baru bisa kita lihat setelah satu bulan ke depan!”

Emyr berharap, di tahap awal ini mereka harus bisa sustain dulu, dan mencari target market. “Kita akan jor-joran mempromosikan brand ini. Sebagai milenial, kita excited banget untuk membesarkan nama Mak Ciak!” katanya.

Felix yang juga memiliki usaha Digital Marketing Agency menyebut, mereka akan menggunakan semua betuk kreativitas untuk mempromosikan bisnis masakan Padang ini. “Kita akan gunakan semua tools promosi melalui sosial media, bahkan kita juga menggunakan influencer!”

 

5 dari 5 halaman

Buka Setiap Hari

Mak Ciak Menara Mandiri dibuka setiap hari kerja. Mulai dari pukul 08.00 - 17.00 WIB. Sejak tahap awal, tersedia tiga menu andalan yakni Soto, Sate, dan Lontong Sayur. Ada pula menu makan pagi seperti Bubur Kampiun, Bubur Kacang Hijau dan Lupis Saus Gula Merah.

“Untuk tahap berikutnya kami akan buat menu lebih lengkap, terutama untuk catering. Kami akan mencari customer catering di perkantoran ini,” ujar Felix

Untuk soal harga makanan yang dijaja, disesuaikan dengan kebijakan harga dari Kadai Mak Ciak Pusat. Harga termurah untuk sepiring nasi plus telur dadar Rp 15.000. Sementara harga tertinggi sekitar Rp 30.000.

“Ini patokan harga yang ditetapkan Mak Ciak. Ngak bisa terlalu mahal, paling kalaupun ada beda hanya 2.000 dari Cabang yang lain,” ungkap Risky Ramadhany.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.