Sukses

6 Fakta Pengobatan Penyakit Autoimun yang Diderita Ashanty

Ashanty sampai harus terbang ke Dubai untuk menyembuhkan penyakitnya.

Liputan6.com, Jakarta Ashanty diketahui mengidap penyakit autoimun. Artinya, kondisi di mana saat sistem kekebalan tubuh tidak dapat menjalani fungsi normalnya. Sehingga sel-sel tubuh mudah terserang penyakit. Padahal sistem imun bertugas melawan infeksi virus, bakteri dan benda asing lainnya yang membahayakan tubuh. 

Gejala penderita autoimun termasuk yang diidap istri Anang Hermansyah ini berbeda-beda sesuai jenisnya. Dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab seseorang menderita autoimun sehingga bisa dilakukan pengobatan yang juga tepat.

Ibunda Aurel Hermansyah pun memilih melakukan pengobatan di Dubai. Didampingi keluarga, Ashanty menjalani pengobatan sekaligus liburan di sana. Ashanty merasakan perubahan pada tubuhnya saat menjalani pengobatan ini. Lalu seperti apa pengobatan autoimun yang dijalani Ashanty? Berikut fakta-faktanya seperti dilansir dari Dream.co.id

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Gejala

Pertama kali Ashanty merasakan gejala awal autoimun pada tahun 2019, berupa sakit kepala, mudah lupa, gangguan kecemasan, dan stres. Bahkan istri Anang Hermansyah itu sempat mengalami drop hingga susah beraktivitas sehari-hari.

"Dan ternyata yang selama ini selalu aku keluhkan ketahuan. Kalau nggak karena dokter Terawan, nggak tau selama ini aku sakit apa! Ngga bisa tidur kenapa? Sakit kepala dari dulu karena apa? Pelupa banget belakangan, suka cemas, mudah stres belakangan, gampang kepikiran,” ungkapnya.

“Diagnosa awal kaget banget, aku kena autoimun, sesuatu yang nggak pernah saya bayangkan, dengernya aja serem, googling aja tadi ngeri-ngeri banget," imbuh Ashanty.

3 dari 7 halaman

Bentol-Bentol

Ashanty pun juga mengalami bentol-bentol di sekujur tubuhnya. Ia langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis. 

"Mau dicek, autoimunnya itu jenis apa. Karena apa sebabnya. Supaya ususnya bersih, biar bersih pas endoskopi. Ini mual, karena dikeluar-keluarin terus. Lemes banget, udah puasa terus pup terus," ujar Ashanty.

Setelah diperiksakan ke dokter terungkaplah Ashanty menderita penyakit autoimun yang sudah menyerang kelenjar tiroidnya.

4 dari 7 halaman

Lakukan Operasi

Kemudian Ashanty menjalani operasi di ruangan endoskopi. Ia pun sempat merasa ketakutan, namun para dokter sellau memberinya motivasi dan kata-kata yang membuatnya lebih tenang.

"Dokter di sini sangat-sangat menenangkan, meyakinkan bahwa bisa sembuh dengan terapi. Bahkan nggak nyangka peralatannya dan metode penyembuhannya terbaik di dunia," paparnya.

5 dari 7 halaman

Kontrol ke Dokter 

Ashanty pun kontrol ke dokter untuk memastikan kesehatannya. Hal itu dilakukan menjelang pernikahan putri sambungnya, Aurel Hermansyah. Ia tak ingin saat hari bahagia sang putri dirinya malah jatuh sakit. Ashanty pun harus melakukan cell cure atau mengobati penyakit dengan imun dari tubuhnya sendiri.

6 dari 7 halaman

Jalani Pengobatan di Dubai

Usaha pengobatan pun dilakukan ibunda Arsya dan Arsy tersebut supaya tubuhnya kembali sehat. Baru-baru ini ia berobat ke Dubai, Turki bersama keluarganya. Selain berobat, Ashanty juga menikmati liburan di sana. Ashanty mengaku pengobatan ke Dubai ini atas saran dari seseorang yang ia kenal di Dubai.

"Karena mau cek autoimun aku, sudah dua bulan aku gatalnya nggak selesai. Sudah minum obat alergi macam-macam bikin muka bengkak. Dokter di Jakarta bagus cuma belum ada solusi soal gatelnya. Aku menderita banget setiap malem nggak bisa tidur gara-gara gatel. Obat nggak mempan ya udah ke sana," katanya.

7 dari 7 halaman

Alami Rambut Rontok

Namun sayang sekali, masa pengobatan itu membuat perubahan pada tubuh Ashanty. Ia merasakan efek samping setelah minum obat yaitu rambut rontok.

"Guys ini, pengaruh dari obat autoimun yang sudah tiga bulan aku konsumsi," kata Ashanty sambil menunjukkan gulungan rambut rontoknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.