Sukses

Ahmad Dhani Ulang Tahun ke-49, Ini 6 Hit Legendaris Karya Kibordis Dewa 19

Rabu (26/5/2021), Ahmad Dhani ulang tahun ke-49. Terlepas dari kontroversi yang belakangan membelitnya, kibordis Dewa 19 ini musisi berpengaruh.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak musisi besar lahir di bulan Mei. Salah satunya, Ahmad Dhani, kibordis Dewa 19 yang kini malah aktif berpolitik. Mari tepikan sejenak setumpuk kontroversi yang membelitnya beberapa tahun terakhir.

Menapaki era 1990-an dan awal 2000-an, suami Mulan Jameela musisi besar yang melahirkan banyak hit termasuk mengorbitkan sejumlah solis kondang seperti Reza Artamevia hingga Tere.

Rabu (26/5/2021), Ahmad Dhani ulang tahun ke-49. Selain “Kuldesak” yang legendaris, Showbiz Liputan6.com mengajak Anda menapaki hit besar yang diciptakan mantan suami Maia Estianty. Berikut 6 di antaranya. Dengarkan lagi, kuy!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kangen

Sekumpulan anak muda asal Surabaya yang rerata berusia 19 tahun membentuk grup musik. Mereka adalah Dhani Ahmad (kibor), Erwin Prasetya (bas), Wawan Juniarso (drum), Andra Ramadhan (gitar), dan Ari Lasso (vokal). Nama depan mereka membentuk akronim Dewa.

Demo rekaman mereka “mengusik” para petinggi Team Indonesia dan berbuah album debut berisi 9 nomor. “Kangen” yang ditulis Dhani sukses di pasar. Tak lekang tergerus zaman, “Kangen” dengan refrain ikonisnya direkam ulang sejumlah penyanyi termasuk the one and only, Chrisye.

 

3 dari 7 halaman

2. Cukup Siti Nurbaya

“Cukup Siti Nurbaya” salah satu rok alternatif terbaik yang dibuat musisi dalam negeri. Ia memperkuat Terbaik Terbaik, yang disebut sebagai album terbaik Dewa 19 sepanjang karier mereka. Aransemen musik mereka cerminan perlawanan.

Liriknya gugatan generasi muda (pada era itu) bermahzab cinta terhadap generasi sebelumnya. Katakan pada mama, cinta bukan hanya harta dan tahta. Pastikan pada semua Hanya cinta yang sejukkan dunia. Bukan itu Mama, bukan itu Papa…

 

4 dari 7 halaman

3. Cinta Kan Membawamu Kembali

Jika sebuah lagu sudah syahdu dengan dominasi piano, tak perlu memaksakan diri tampil full band untuk pamer skill dan ego. “Cinta Kan Membawamu Kembali” mengawinkan suara karismatik Ari Lasso dengan notasi piano yang berlarian hingga babak akhir.

Instrumen lain tak memaksakan diri masuk, tapi mengikuti pola yang digariskan tuts hitam putih. Hasilnya, kebesaran Dewa 19 yang mewujud dalam front-man. Suara Ari tak lantas terdengar cengeng. Yang gemar efek dramatis, dengarkan versi Reza Artamevia. Duh, Gusti…

 

5 dari 7 halaman

4. Distorsi

“Perselingkuhan” Ahmad Dhani dan Andra Ramadhan dengan Pay, Bongky, serta Bimo hanya menghasilkan satu album ikonis, yakni Ideologi Sikap Otak di bawah payung Ahmad Band. Selain “Aku Cinta Kau dan Dia” yang dibuat Dhani bareng Bebi Romeo, ada “Distorsi.”

Lewat “Distorsi,” Dhani memarahi pejabat yang gemar korupsi dan meledek mahasiswa yang menyerukan perubahan tapi ironisnya mulut mereka bau alkohol. Tak ada lirik yang bikin kuping merah selain: Yang muda mabuk, yang tua korup. Korup terus, mabuk terus. Jayalah negeri ini!

 

6 dari 7 halaman

5. Pertama

Sensualitas vokal Reza Artamevia terbaca oleh kuping pendengar lewat rekaman Dewa 19, “Satu Hati (Kita Semestinya)” dari album Terbaik Terbaik. Kegeniusan Dhani mencium aroma diva dari teknik vokal Reza. Tiga tahun setelahnya, Reza dibuatkan album Keajaiban.

“Pertama” karya Ahmad Dhani bareng Reza, jadi hit besar meski dirilis di tengah krisis ekonomi. Anda tak mungkin lupa dengan gaya Reza menggesek punggung di dinding dan celana hitam ketat mengilapnya yang kemudian jadi tren mode pada tahun itu.

 

7 dari 7 halaman

6. Rahasia Perempuan

Perhatian. Jangan dengarkan lagu ini sepotong-sepotong mengingat liriknya mengecoh. Bagian tubuh perempuan yang sangat sensitif bila disentuh lelaki itu hati, bukan yang lain. Dibawakan dengan format full band, “Rahasia Perempuan” terdengar utuh juga powerful.

Makin kece karena vokal Ari terdengar selaras dengan suara Lilo, gitaris KLa Project yang merangkap suara latar. Lagu ini membuka jalan bagi album Keseimbangan yang konon terjual hampir sejuta kopi, paling laris dalam sejarah karier Ari Lasso sebagai solis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.