Sugianto Sabran, Mantan Suami Ussy Sulistiawaty, Dilantik Jadi Gubernur Kalimantan Tengah Untuk Kedua Kalinya di Istana Negara

Oleh Hernowo Anggie pada 25 Mei 2021, 11:30 WIB
Diperbarui 25 Mei 2021, 11:30 WIB
[Bintang] Ussy Sulistiawaty
Perbesar
(Adrian Putra/Bintang.com)

Liputan6.com, Jakarta - Mantan suami Ussy Sulistiawaty, Sugianto Sabran, kembali terpilih untuk memimpin Kalimantan Tengah sebagai Gubernur. Ia berpasangan dengan Edy Pratowo dalam mengatur pemerintahan di provinsi Kalteng untuk periode 2020-2025.

Seperti diketahui Sugianto dan Edy ditetapkan sebagai Gubernur dan Wagub terpilih dengan perolehan suara 536.128 suara pada Pilkada Serentak tahun 2020. Sugianto Sabran merupakan Gubernur Kalteng yang berstatus sebagai petahana.

Sugianto sudah menjabat sebagai Gubernur sejak 25 Mei 2016 lalu. Kemudian maju kembali untuk periode kedua pada Pilkada 2020 lalu. Jabatan ini merupakan kali kedua politikus PDIP Sugianto Sabran memimpin Kalteng.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Dilantik di Istana Negara

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (kiri) (Liputan6.com/Putu Merta)
Perbesar
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (kiri) (Liputan6.com/Putu Merta)

Sugianto Sabran-Edy Pratowo resmi dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah. Proses pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta pada 25 Mei 2021. 

Adapun pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomer 76/P/2021 Tentang Pengesahan dan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, 2021-2024.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Dilantik Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Perbesar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kita tidak boleh menyepelekan yang namanya COVID-19 dalam pernyataannya pada Minggu, 2 Mei 2021. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pelantikan pun dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Sebelumnya Jokowi pun bertanya kepada mereka untuk bersedia bersumpah menurut agama Islam.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya," ucap mereka serentak saat mengikuti sumpah jabatan yang dipandu Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (25/5).

"Serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," lanjut mereka.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mantan Istri Ussy

Ussy Sulistiawaty
Perbesar
Ussy Sulistiawaty dan suami pertama, Yusuf Sugianto

Sugianto Sabran adalah mantan suami Ussy Sulistiawaty. Sebelum menikah dengan Andhika Pratama, Ussy pernah menikah dengan Sugianto Sabran pada tahun 2005. Hubungan pernikahan keduanya kandas pada tahun 2006.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Menikah Lagi

6 Momen Romantis Sugianto Sabran, Mantan Suami Ussy Sulistiawaty dan Istrinya
Perbesar
Sugianto Sabran dan Istri (Sumber: Instagram//yulistraivo)

Setelah hampir 12 tahun menduda, pria kelahiran Sampit ini menikah dengan seorang gadis berusia 26 tahun bernama Yulistra Ivo Azhari.

Pasangan ini menikah di Istana Isen Mulang, Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada Januari 2018 silam.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya