Sukses

Mengenal Zakiah Ambadar, YouTuber Ramah Lingkungan yang Hobi Berkebun dan Ngobrol dengan Tanaman

YouTuber Zakiah Ambadar dikenal publik berkat konsistensinya bersikap ramah lingkungan. Penghijauan sejatinya dimulai dari rumah.

Liputan6.com, Jakarta Zakiah Ambadar mulai dikenal di situs berbagi video, YouTube, setelah konsisten bersikap ramah lingkungan. YouTuber ini percaya, penghijauan semestinya dimulai dari keluarga atau rumah.

“Saya mulai aktif menanam sejak akhir 2021, saat pindah ke Ciawi, Jawa Barat. Saya mengembangkan proyek hidroponik hingga belajar taman vertikal. Termasuk microgreens yang nilai gizinya bisa 40 kali lebih banyak daripada sayuran dewasa,” katanya.

Setelah itu, Zakiah Ambadar belajar tanaman hias yang lebih cepat tumbuh dengan memanfaatkan wadah plastik tak terpakai sebagai pot. Go green bisa dimulai dari langkah sesederhana itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menyayangi Lingkungan

“Di rumah, saya pisahkan sampah plastik dengan yang bisa didaur ulang. Wadah plastik yang tak terpakai jangan dibuang. Kita bisa menyayangi lingkungan dan wadah plastik dengan memanfaatkannya sebagai pot tanaman,” Zakiah Ambadar menyambung.

Ia menyampaikan ini dalam workshop virtual “Herbalife Nutrition Go Green: Pemanfaatan Kemasan Plastik Bekas produk Herbalife Nutrition,” yang digelar pada Senin (24/5/2021).

3 dari 5 halaman

Fisik dan Emosional

Perlahan, nama Zakiah Ambadar makin populer dan kerap diundang ke berbagai gelar wicara bertema tanaman dan ramah lingkungan. Berkebun membuatnya bahagia. Ia pun berbagi 6 dimensi kebahagiaan.

“Dua yang pertama adalah fisik dan emosional. Ketiga, sosial, dengan membangun koneksi sambil menciptakan pertemanan baru. Keempat, intelektual dengan tidak berhenti belajar. Bagi saya, belajar itu a life time business alias kegiatan seumur hidup,” paparnya.

 

4 dari 5 halaman

Bunga Wijaya Kusuma

Belajar bisa tentang apa saja. Belakangan, Zakiah Ambadar mempelajari bunga Wijaya Kusuma yang ternyata bisa menghasilkan mahkota warna-warni, mekar pada malam hari dan bisa bertahan empat sampai lima hari. Kelima, spiritual yakni keagamaan.

YouTuber berhijab ini menyebut, belajar agama menenangkan dan membahagiakan jiwa. Terakhir, occasional yakni kegiatan yang menyenangkan untuk ditekuni. Misalnya, hobi. Zakiah Ambadar suka berkebun. 

5 dari 5 halaman

Ngobrol dengan Tanaman

“Saya bisa berkebun berjam-jam, mengobrol sama tanaman sampai dianggap gila. Bagi saya tanaman itu makhluk hidup yang pandai berterima kasih. Saat dirawat dengan baik, dia membalas dengan tumbuh maksimal dan membuahkan hasil yang indah,” tutupnya.

Senior Director and Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi mengatakan, Herbalife Nutrition Indonesia bersama komunitas dan karyawan berkontribusi melestarikan lingkungan.

“Upaya ini dituangkan ke berbagai kegiatan workshop daur ulang, pembuatan tanaman hidroponik, tanaman hias dan vertical garden, decaupage, serta edukasi mengenai sampah kepada masyarakat,” Andam menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.