Sukses

Sah, BTS Jadi Pemegang Rekor Dunia di YouTube lewat Butter

BTS menempati posisi nomor 1 dan 2 di All-Time Top 24 Hour Music Debuts di YouTube.

Liputan6.com, Seoul - Akhirnya rekor yang dipegang BTS lewat "Dynamite", secara sah telah ditumbangkan oleh lagu mereka sendiri, "Butter." Hal ini telah diumumkan secara resmi oleh YouTube.

Dilansir dari Soompi, Minggu (23/5/2021), platform streaming video ini menyatakan bahwa video klip "Butter" ditonton sebanyak 108,2 juta kali dalam 23 jam penayangannya.

Angka ini memang lebih kecil dari yang diperkirakan sebelumnya, yakni 112,9 juta views. Namun, hal ini terjadi karena pengukuran resmi YouTube berbeda dengan yang terjadi secara real-time.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Posisi 1 dan 2 Sepanjang Masa

Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh "Dynamite" dengan 101,1 juta views dalam 24 jam perdana penayangan. Artinya, J-Hope dkk menempati posisi nomor 1 dan 2 di All-Time Top 24 Hour Music Debuts di YouTube.

3 dari 5 halaman

3,9 Juta Penonton

Selain itu, YouTube juga mengonfirmasi kembali bahwa "Butter" memecahkan rekor penonton video musik terbanyak dalam penayangan perdana. Pada masa puncaknya, terdapat 3,9 juta pemirsa yang secara bersamaan mengakses video klip ini, dibanding dengan rekor sebelumnya di "Dynamite" yang "hanya" mengumpulkan 3 juta viewers.

4 dari 5 halaman

Rekor di Spotify

Sebelumnya, "Butter" juga dinyatakan sebagai lagu dengan debut terbesar di Spotify.  Dalam 24 jam sejak debut, "Butter" telah diputar sebanyak 11,042,335 kali. 

Ini adalah rekor tertinggi hari pertama yang dicetak semua lagu yang ada di Spotify. Lagunya juga langsung masuk dalam tangga lagu harian Global Top 50 di urutan kedua pada tanggal 21 Mei lalu.

5 dari 5 halaman

Butter Vs I Don't Care

"Butter" mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang "I Don't Care" dari Justin Bieber dan Ed Sheeran.

Lagu yang dirilis pada 2019 ini diputar sebanyak 10,977 juta kali saat debut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.