Sukses

Marak Penipuan Berkedok Donasi Palestina, Duta Besar Titip Pesan Ini ke Zaskia Adya Mecca

Zaskia Adya Mecca mendapat titipan pesan dari Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun.

Liputan6.com, Jakarta Kedatangan Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo ke kantor Kedutaan Besar Palestina di Jakarta menyisakan sejumlah catatan penting. Ia menggambarkan pertemuan berlangsung penuh haru.

Digambarkan bintang film Ayat-ayat Cinta, Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun, tampak menyangga beban berat terkait serangan Israel. Berkali-kali kepalanya tertunduk.

“Sepanjang pertemuan matanya berkaca-kaca, tarikan napasnya terasa berat, suaranya bergetar,” Zaskia menggambarkan kondisi Duta Besar Palestina kepada Showbiz Liputan6.com lewat sambungan telepon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Luka Terjajah

Bintang sinetron Para Pencari Tuhan menjelaskan, kedatangannya sebagai pernyataan untuk mendukung Palestina yang jadi bulan-bulanan agresi militer Israel beberapa hari terakhir.

“Indonesia juga pernah dijajah dan kini sudah 75 tahun merdeka. Kita masih bisa merasakan luka terjajah dan bagaimana mental kita turut terpengaruh oleh itu,” katanya, Rabu (19/5/2021).

3 dari 5 halaman

Perhatikan Rekam Jejak

Selain memberikan bantuan, Zaskia Adya Mecca rupanya mendapat pesan khusus dari Zuhair Al-Shun. Ini terkait maraknya pengumpulan dana untuk menyokong masyarakat Palestina yang terdampak perang.

“Beliau bilang: Palestina terbuka untuk siapa pun yang ingin membantu. Namun, cek dulu organisasi yang menggalang bantuan. Perhatikan rekam jejaknya,” beri tahu Zaskia Adya Mecca.

4 dari 5 halaman

Nanti Malah Enggak Amanah

Rupanya, ini terkait maraknya kabar penipuan berkedok pengumpulan dana untuk Palestina. Jangan sampai, uang yang mestinya untuk menolong atas dasar kemanusiaan salah sasaran.

“Kita menolong dengan ikhlas, tapi kalau dipegang oleh pihak atau organisasi abal-abal nanti malah enggak amanah. Semoga bantuan kita tepat sasaran dan menguatkan korban serangan militer,” harapnya.

5 dari 5 halaman

Tanda Duka Cita

Zaskia Adya Mecca dalam kesempatan itu mengenakan baju muslim hitam dan jilbab berwarna senada. Ia mengaku dari sejak Lebaran tempo hari enggan pakai baju penuh warna.

“Pakai hitam pertanda dukacita saya untuk warga Palestina. Dari kemarin mau cerita soal Lebaran bareng teman dan keluarga di medsos pun pikir-pikir karena di belahan benua lain ada yang sedang menderita,” ia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.